cover
Contact Name
Sukma Shinta Yunianti
Contact Email
meleklitersi24@gmail.com
Phone
+62895352937588
Journal Mail Official
jpmlmelekliterasi@gmail.com
Editorial Address
Banyuanyar RT 03 RW IX Banjarsari Surakarta Telp. 0895352937588 | Email: meleklitersi24@gmail.com
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JPML
ISSN : -     EISSN : 30322545     DOI : -
This Melek Literasi Journal focuses on publishing relevant service results with human values that have never been published online. The Literacy Service Journal is published twice a year in may and december by Melek Literasi Press. Specifically, the areas covered in this journal include: Philosopy and Religion Historical Science Philolology Literature Art and Culture Psychology Education Anthropology Cultural Studies Communication Science International Relation Studies Goverment Studies Economics Managenemt Law Science Linguistics Humanities Social Sciences
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 29 Documents
Assessment Gaya Belajar Pada Siswa-SiswiDi SDN 1 Dibal Boyolali Kelas 4, 5 Dan 6 Nada, Muna Majidah
Jurnal Pengabdian Melek Literasi Vol. 1 No. 01 (2023): JPML : Jurnal Pengabdian Melek Literasi
Publisher : Melekliterasi Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Das Ziel dieses Dienstes besteht darin, die Lernstile von Schülern der SDN 1 Dibal Boyolali-Klassen 4, 5 und 6 zu bestimmen. Bei dieser Servicemethode werden Methoden des Identifizierungs-, Vorbereitungs-, Implementierungs- und Bewertungsprozesses verwendet Der Standort der Aktivität ist SDN 1 Dibal mit der Adresse Gaten, Dibal, Kec. Ngemplak, Boyolali Regency, Zentral-Java 57375. Die Bevölkerung dieses Dienstes besteht ausschließlich aus weiblichen Schülern der Klassen 4, 5 und 6, insgesamt also 26 Schüler. Die Ergebnisse des Dienstes zeigen, dass die Lernstile von SDN 1 Dibal-Schülern drei Kombinationen von VAK-Lernstilen (visuell, auditiv, kinästhetisch) verwenden und von diesen drei Lernstilen 12 Schüler eine visuelle Lernstiltendenz und 11 Schüler einen auditiven Lernstil verwenden Lernstiltendenz und 3 Schüler nutzen kinästhetische Tendenzen. Der visuelle Lernstil lernt durch das, was er sieht, der auditive Lernstil lernt durch das, was er hört, und der kinästhetische Lernstil lernt durch Bewegung.
Sosialisasi Bullying pada Siswa Kelas 4 di SDN 1 Dibal Ananda Novi Sila Alirga
Jurnal Pengabdian Melek Literasi Vol. 1 No. 01 (2023): JPML : Jurnal Pengabdian Melek Literasi
Publisher : Melekliterasi Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah merupakan tempat untuk para siswa mengeksplor minat, bakat, karakter, dan prestasi yang membangun konsep diri yang positif, namun hal ini bisa tidak sesuai dengan yang diharapkan bilamana berada di lingkungan sekolah terdapat hal-hal negatif berupa tindakan kekerasan atau penganiayaan, seperti tindakan bullying di sekolah. Tindakan bullying di lingkungan sekolah saat ini sedang menjadi masalah yang meresahkan. Bullying merupakan tindakan seseorang yang menyakiti orang lain dengan sengaja dan dilakukan secara berulang-ulang. Baik secara verbal, fisik, ataupun sosial. Hingga membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati, dan tertekan. Yang dilakukan perorangan maupun kelompok. Tujuan dari sosilisasi ini yaitu memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait bullying. Metode dalam pengabdian ini adalah ceramah dan diskusi. informan atau subjek dalam pengabdian ini adalah siswa kelas 4 SDN 1 Dibal. Hasil dari pengabdian ini adalah memberikan sosialisasi terkait bullying serta cara mengatasi dan mencegah bullying.
SOSIALISASI MEMBANGUN RASA KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS V SD N 1 DIBAL Berlian, Toti Cahya
Jurnal Pengabdian Melek Literasi Vol. 1 No. 01 (2023): JPML : Jurnal Pengabdian Melek Literasi
Publisher : Melekliterasi Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Everyone has different levels of self-confidence. A person who has high self-confidence will have positive feelings towards himself. People who have high self-confidence are not actually people who feel capable, but people who know that they are capable based on calculations and experience. Vice versa, someone with low self-confidence will have negative feelings about themselves, like to close themselves off, lack courage, have weak confidence in themselves, and will always be haunted by fear of everything. A child's potential will develop well if it is supported by a good sense of self-confidence in the child. The method used in this socialization was a lecture, where the subjects were fifth grade students at SD N 1 Dibal. This socialization aims to determine the child's level of self-confidence and increase the child's self-confidence so that it can support teaching and learning activities at school.
Penerapan Komunikasi Visual di Lingkungan Sekolah dan Fasilitas Umum Dusun 2 Desa Kismoyoso Nielson Teo Indrawan, Nielson Teo Indrawan; Indrawan, Nielson Teo; Figo Handoko, Amadeus; Kasih Yuli Syafinda, Dite; Wahyuni Syah, Ayu
Jurnal Pengabdian Melek Literasi Vol. 1 No. 01 (2023): JPML : Jurnal Pengabdian Melek Literasi
Publisher : Melekliterasi Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Visual merupakan salah satu unsur yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Selain sebagai unsur pemercantik, juga sebagai media komunikasi yang efektif. Tak terkecuali penerapan visual pada lingkungan sekitar. Pada kegiatan ini, unsur visual akan diaplikasikan pada lingkungan Masjid At-Taubah Grasak dan SD Negeri 1 Kismoyoso. Pada Masjid At-Taubah akan dipasang Sign Sistem Pictogram (atau penanda) seperti area wudhu dan logo masjid dikarenakan masjid terbilang baru dan belum memiliki Sign Sistem Pictogram yang jelas mengenai area-areanya. Pada SD Negeri 1 Kismoyoso, akan diterapkan mural “Pohon Impian” di kelas dua sebagai desain enviromental untuk mempercantik dan sebagai media komunikasi visual  agar meningkatkan semangat belajar siswa kelas 2, serta kegiatan Ecoprint pada kelas empat untuk mengenalkan teknik motif kain serta sebagai kegiatan belajar alternatif untuk mengenal lebih jauh terkait tumbuhan (daun dan bunga) yang beraneka ragam. Kata Kunci : Komunikasi Visual, Sign Sistem Pictogram, Mural, Ecoprint
IMPLEMENTATION OF THE CAMPUS TEACHING PROGRAM FOR GRADE 6 IN ACTIVITIES TO IMPROVE THE LITERACY AND NUMERATION OF CLASS 8 STUDENTS OF SMPBHINNEKA KARYA KLEGO 2023 Istiana, azizah avika
Jurnal Pengabdian Melek Literasi Vol. 1 No. 01 (2023): JPML : Jurnal Pengabdian Melek Literasi
Publisher : Melekliterasi Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbud yang memberdayakan para mahasiswa Indonesia untuk dapat belajar dan berkontribusi secara langsung dalam dunia pendidikan, terutama dalam mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah sasaran kampus mengajar berada pada daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Program ini telah berjalan pada enam angkatan yakni angkatan sebelumnya, Kampus Mengajar Angkatan 1 sampai 5 dan angkatan yang sedang berjalan saat ini yaitu Kampus Mengajar Angkatan 6 (KM6). Mahasiswa yang lolos seleksi dalam program ini ditugaskan pada mitra sekolah yang dipilih oleh pihak penyelenggara program Kampus Mengajar. Adapun sekolah yang menjadi tempat pelaksaan program Kampus Mengajar Angkatan 6 yang telah para mahasiswa lakukan bersama dengan teman-teman mahasiswa lainnya yaitu SMP Bhinneka Karya Klego,Boyolali, Jawa Tengah. Program yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa selama penugasan (4 bulan) yaitu program mengajar, program membantu adaptasi teknologi, serta program membantu meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Setelah melakukan penugasan Kampus Mengajar Angkatan 6 di SMP Binneka Karya Klego dari 14 Agustus 2023 sampai dengan 02 November 2023, mahasiswa maupun pihak sekolah sama-sama mendapatkan banyak manfaat dari program ini. Mahasiswa mendapat banyak sekali pengalaman secara langsung di lapangan, baik saat kegiatan pembelajaran dan juga saat menyusun program bersama teman sejawat yang berbeda kampus serta jurusan. Sedangkan pihak sekolah penempatan mengaku banyak terbantu dengan kehadiran mahasiswa, baik dalam bidang program mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu meningkatkan literasi dan numerasi siswa.
PENERAPAN METODE BERMAIN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIFANAK USIA DINI TK TUNAS HARAPAN EMAUS Istiana, azizah avika
Jurnal Pengabdian Melek Literasi Vol. 2 No. 01 (2024): JPML : Jurnal Pengabdian Masyarakat melek Literasi
Publisher : Melekliterasi Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini membahas implementasi metode bermain dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di TK Tunas Harapan Emaus untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Metode bermain digunakan sebagai solusi terhadap kurangnya minat anak dalam pembelajaran, dengan kegiatan meliputi permainan tebak-tebakan dan bercerita dongeng. Hasil evaluasi menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan anak dalam mengingat, berkonsentrasi, berkomunikasi, dan kepercayaan diri. Meskipun sebagian besar anak menunjukkan perkembangan positif, beberapa masih mengalami kendala dalam konsentrasi dan kepercayaan diri. Rekomendasi untuk kegiatan selanjutnya mencakup peningkatan kreativitas, inovasi, dan kerjasama tim dalam menyusun metode yang sesuai dengan kebutuhan anak.
Regulasi Emosi Melalui Metode EFT Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sahid Surakarta Nada, Muna Majidah; majidah, muna; Sholihah, Musyafiroh Wahiddatul
Jurnal Pengabdian Melek Literasi Vol. 2 No. 01 (2024): JPML : Jurnal Pengabdian Masyarakat melek Literasi
Publisher : Melekliterasi Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk : menurunkan gejala – gejala emosional seperti stress, kecemasan dan emosi negatif berlebihan yang membuat individu sadar, mengekspresikan, menerima, mengatur dan mengubah emosionalnya pada mahasiswa psikologi Universitas Sahid Surakarta. Emotional Freedom Therapy adalah tehnik penyembuhan tubuh dan pikiran yang mengkombinasikan efek fisik dari perawatan meridian dengan efek mental dalam memfokuskan pada sakit atau permasalahan pada waktu yang bersamaan. Pengabdian dengan metode EFT ini memberikan praktik relaksasi, metode ini dilakukan dengan tujuan untuk mengendalikan emosi negative. Berikut beberapa prosedur dalam melakukan emotional freedom technique yaitu : 1). The set up bertujuan untuk memastikan agar aliran energi kita terarah dengan tepat. Langkah ini biasanya untuk menetralisir (biasanya berupa pikiran negatif spontan atau keyakinan bawah sadar negatif), 2). the tune in bertujuan untuk masalah fisik dengan cara merasakan rasa sakit yang kita alami lalu mengarahkan fikiran ke rasa sakit, 3).tapping dengan mengetuk ringan dengan dua ujung jari pada titik-titik tertentu di tubuh kita sambil terus tune in. Titik-titik ini adalah kunci jika diketuk beberapa kali akan berdampak pada netralisisrnya gangguan emosi dan rasa sakit yang dirasakan. Kegiatan pengabdian ini terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa psikologi mengenai regulasi emosi dengan menggunakan metode emotional freedom technique, menambah kelegaan didalam diri berkat teknik emotional freedom technique.
Regulasi Emosi dengan Metode Butterfly Hug pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sahid Surakarta Sri Hartini
Jurnal Pengabdian Melek Literasi Vol. 2 No. 01 (2024): JPML : Jurnal Pengabdian Masyarakat melek Literasi
Publisher : Melekliterasi Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Sebagai mahasiswa, sering kali dihadapkan dengan kesibukan-kesibukan perkuliahan yang ada. Selain itu, mahasiswa juga harus berhadapan dengan banyaknya peraan dalam kehidupan. Peranan-peranan inilah yang menjadi pemicu dalam dinamika antar peran. Benturan dan masalah ini yang bisa menjadi stimulus-stimulus terhadap emosi negatif seperti rasa marah, cemas, kecewa, stress bahkan depresi. Maka dari itu, perlu adanya regulasi emosi untuk menetralisir perasaan-perasaan negatif tersebut. Regulasi emosi berarti cara mengendalikan dan mengelola berbagai jenis emosi yang datang supaya tidak menimbulkan efek negatif untuk individu maupun orang lain disekitarnya. Salah satu metode regulasi emosi yang dapat dilakukan adalah metode butterfly hug. Metode butterfly hug merupakan metode yang dilakukan dengan cara menyilangkan dan mengepalkan tangan ke pundak atau ke dada sambil ditepuk-tepuk. Sementara itu, mahasiswa diminta untuk mengungkapkan apa yang sedang mereka rasakan  atau melakukan afirmasi positif  kepada diri sendiri. Tujuan pengabdian ini diharapkan dapat mengatasi masalah yang dihadapi mahasiswa dalam mengendalikan emosi negatif. Pengabdian dengan metode ceramah, dilanjutkan praktik regulasi emosi dengan metode butterfly hug, serta sesi tanya jawab yang dilakukan oleh narasumber terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan para mahasiswa dalam meregulasi emosi pada diri sendiri.
Senam Sehat Guna Optimalisasi Perawatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Griya PMI Kota Surakarta Cahya Berlian, Toti
Jurnal Pengabdian Melek Literasi Vol. 2 No. 01 (2024): JPML : Jurnal Pengabdian Masyarakat melek Literasi
Publisher : Melekliterasi Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini masalah utama dalam kesehatan manusia salah satunya adalah gangguan jiwa. Orang yang mengalami gangguan jiwa disebut juga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Menurut Fairuzahida (2018), (ODGJ) merupakan seseorang yang mengalami gangguan pada pikiran, perasaan serta perilaku yang dapat menimbulkan gejala atau perubahan perilaku yang menyebabkan dirinya mengalami beberapa hambatan dalam menjalani fungsi kehidupannya sebagai manusia. Senam sehat jiwa merupakan salah satu kegiatan fisik dalam aktivitas preventif yang baik dalam kesehatan baik jiwa maupun raga (Garber et all, 2011). Keuntungan melakukan senam sehat jiwa yaitu menurunkan gejala depresi pada seseorang yang terdiagnosis depresi mayor serta dapat meningkatkan kesehatan psikologis. Pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah berupa senam sehat di Griya PMI Kota Surakarta. Dari hasil pengabdian masyarakat ini didapatkan hasil yang positif, penyandang (ODGJ) merasa senang serta aktif dan sudah mulai bisa untuk diajak berkomunikasi dan berkumpul dengan yang rekan lainnya, serta meningkatkan kesehatan fisik penyandang (ODGJ).
SOSIALISASI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 CILACAP Mellani Agustin, Mellani Agustin; Mellani Agustin
Jurnal Pengabdian Melek Literasi Vol. 2 No. 01 (2024): JPML : Jurnal Pengabdian Masyarakat melek Literasi
Publisher : Melekliterasi Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Education is a conscious effort to develop the potential of human resources (HR) through learning activities. Remembering how important learning motivation is in education, community service was held with the concept of socialization with the theme: "Socialization of Learning Motivation for Students at SMK Muhammadiyah 1 Cilacap". This community service activity has targets and outcomes in accordance with the motivational material presented, many discuss tips for applying motivation correctly. The end result of this service is that some participants are quite able to understand the motivational material presented, and the participants are very enthusiastic in taking part in the question and answer discussion. regarding tips for applying motivation to increase students' enthusiasm for learning. Participants in this service are students of SMK Muhammadiyah 1 Cilacap majoring in Fashion Design, then they are able to communicate the results of this motivation with teachers and parents of students.

Page 1 of 3 | Total Record : 29