Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 1 No. 02 (2023): AL ULUM | JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

FUNGSI EVALUASI PENDIDIKAN DI DALAM Q.S. AL-ANKABUT AYAT 2-3 : (STUDI TAFSIR AL-SHOWI KARYA IMAM AHMAD AL-SHOWI)

Zubaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Evaluasi pendidikan ialah suatu cara untuk mengukur keberhasilan peserta didik dalam proses pendidikan. Evaluasi pendidikan sendiri tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan proses belajar mengajar. Proses yang dilakukan jika tidak disertai dengan evaluasi tidak akan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Sehinga, evaluasi pendidikan sangatlah penting. Berdasarkan data yang hendak dikumpulkan, maka jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Yang menjadi subjek di dalam penelitian ini adalah kitab Q.S Al=Ankabut ayat 2-3 beserta penafsiran dari Imam Al-Showi di dalam tafsrinya. Sedangkan objeknya sendiri adalah Fungsi Evaluasi Pendidikan. Teknik pengolahan dan analisis data adalah sebagai berikut: (1) Editing, yaitu re-correction atau mengoreksi kembali data-data yang sudah terkumpul yang bertujuan untuk mengetahui kelengkapan dan kesesuain data dengan topik bahasan. (2) Klasifikasi, yaitu mengelompokkan data ke dalam bagian-bagian yang telah ditentukan sesuai dengan relevansi masing-masing. (3) Interpretasi, yaitu penafsiran terhadap data yang didapat sesuai dengan permasalahannya untuk kemudian menjadi bahan analisa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa fungsi evaluasi yang terdapat dalam Q.S Al-Ankabut ayat 2-3 adalah sebagai berikut : (1) fungsi seleksi (2) fungsi diagnostik (3) fungsi penempatan (4) fungsi pengukur keberhasilan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ulum

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

The journal focuses on providing qualified and impactful research in the area of Education and Learning Innovation. The journal focuses on providing qualified researches in the area of Education and Learning Innovation, Educational Policy, Methods and Strategies in Teaching and learning, Learning ...