Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 01 (2024): AL-ULUM | JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI PONPES SAKINAH INSAN QUR’ANI CIPUTAT

Oktaviani (Unknown)
Aini, Rofiqotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Pondok pesantren mempunyai peran penting untuk pendidikan dan pengembangan karakter santri di Indonesia. Salah satu aspek penting dalam pendidikan di pondok pesantren adalah pengajaran Al-Qur’an, termasuk hafalan (tahfidz) Al-Qur’an. Pondok Pesantren Sakinah Insan Qurani Ciputat ialah salah satu lembaga pendidikan yang fokus pada pengajaran tahfidz Al-Qur’an. Untuk mencapai tujuan ini, Ponpes tersebut mengimplementasikan berbagai metode tahfidz untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santrinya. Pendekatan penelitiannya memakai penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian kualitatif yaitu proses dalam penemuan dan pengumpulan, analisis dan menginterpretasikan data visual dan naratif yang komprehensif agar dapat memperoleh pemahaman terkait suatu peristiwa atau masalah yang dapat menarik perhatian. Subjek dalam penelitian ini, yaitu santri yang mengikuti kegiatan tahfidz di Ponpes Sakinah Insan Qurani. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa metode tahfidz yang dilakukan, diantaranya yaitu metode sima’i, metode muraja’ah, dan metode talaqqi. Dimana ketiga metode ini sangat efektif atau sangat berpengaruh dalam peningkatan hafalan santri di Ponpes Sakinah Insan Qurani. Ada faktor pendukung dalam proses menghafal santri, yaitu adanya peran guru, orang tua, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sementara, faktor penghambatnya yaitu pada santrinya yang kurang menghargai pentingnya menghafal dan muraja’ah, kurangnya dukungan dari orang, serta kurangnya memanajemen waktu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ulum

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

The journal focuses on providing qualified and impactful research in the area of Education and Learning Innovation. The journal focuses on providing qualified researches in the area of Education and Learning Innovation, Educational Policy, Methods and Strategies in Teaching and learning, Learning ...