Manajemen kepesertadidikan merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen pendidikan. Manajemen kepesertadidikan berkaitan dengan pengaturan dan pengelolaan peserta didik melalui berbagai tahapan proses pendidikan, mulai dari penerimaan hingga pengembangan potensi. Kurikulum merdeka merupakan kebijakan baru dalam pendidikan di Indonesia yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengatur kurikulumnya sendiri. Kebijakan ini menuntut adanya perubahan paradigma dalam manajemen kepesertadidikan. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji aspek teoritis dan psikologis manajemen kepesertadidikan pada kurikulum merdeka. Kajian ini menggunakan metode kajian kepustakaaan, peneliti menggunakan penelitian kepustakaan untuk mengkaji aspek teoritis dan psikologis manajemen kepesertadidikan pada kurikulum merdeka. Hasil kajian menunjukkan bahwa manajemen kepesertadidikan pada kurikulum merdeka harus berorientasi pada peserta didik. Manajemen kepesertadidikan harus dapat memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal.
Copyrights © 2023