Journal of Islamic Education Management Research (JIEMER)
Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Islamic Education Management Research (JIEMER)

PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 1 BONE BOLANGO

Paputungan, Djamila (Unknown)
Arsyad, Lukman (Unknown)
Djafar, Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Artikel ini menginterpretasikan tentang kemampuan membaca dan menghafal al-quran terhadap hasil belajar peserta didik Pada mata Al-Quran hadist, didalamnya terdapat ayat Al Quran atau hadits Nabi yang memerlukan kemampuan khusus untuk membaca, menulis, serta menghafalkannya. Penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan menggunakan metode kausal komparatif dimana data dikumpulkan setelah fenomena/kejadian yang diteliti berlangsung. Adapun data yang didapatkan peneliti melalui penyebaran angket kepada siswa sebagai responden  mengenai masalah yang sedang diteliti. Dalam kegiatan membaca dan menghafal Al Quran ini siswa diharapkan, selain memiliki banyaknya jumlah hafalan juga dapat melatih kemampuan membaca Al Quran siswa dengan baik dan benar, sehingga hasil belajar dari tujuan pendidikan dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana proses menghafal Al Quran (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran Al-quran Hadist (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh menghafal Al Quran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran Hadist. Untuk menunjang keberhasilan siswa dalam kegiatan menghafal Al Quran, maka kelancaran menghafal Al Quran, membaca sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan kafasihan dalam membaca Al Quran harus dimiliki oleh siswa. Selanjutnya untuk memperoleh hasil belajar siswa maka dapat dilihat dari ketiga aspek belajar, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIEMR

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Journal of Islamic Education Management Research (JIEMER) is an open access, peer-reviewed, and ranked journal according to article publication standards. We publish articles online quickly, with a print version published twice a year (February and August) on various topics, namely Management, ...