Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan karakter siswa melalui Program Pengembangan Pribadi Islam di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo. Dilihat dari faktor pendukung dan penghambat strategi tersebut. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahui Strategi Penguatan Karakter Siswa melalui Program Pengembangan Pribadi Islam di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Penguatan Karakter Siswa melalui Program Pengembangan Pribadi Islam di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo ditemukan melalui kegiatan sekolah yaitu sapaan pagi, mabit, belajar di alam terbuka, perkemahan Al-Qur'an, serta bentuk penguatan karakter siswa melalui pendampingan dan pembinaan kelompok, ekstrakurikuler dan ceramah sosial keagamaan serta peran serta orang tua. Terdapat tiga faktor pendukung di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo yaitu buku agenda penguatan karakter, data siswa dan sarana prasarana.
Copyrights © 2024