Journal of Islamic Education Management Research (JIEMER)
Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Islamic Education Management Research (JIEMER)

PENGELOLAAN PENDIDIKAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA GORONTALO

Mohune, Atika R. (Unknown)
Mobonggi, Arten H. (Unknown)
Pateda, Lamsike (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pengelolaan Pendidikan Islamic Boarding School dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Karakter dan Peningkatan Kecerdasan Spiritual. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengelolaan sistem pendidikan Islamic boarding school yang dilaksanakan oleh pihak madrasah sangat efektif meskipun pada sisi lain diperlukan pengelolaan yang lebih berorientasi pada pola pembinaan akademik dan non akademik (2) Pengembangan karakter peserta didik dalam sistem pendidikan boarding school di Madrasah Aliyah Negeri Kota Gorontalo memiliki beberapa program sholat berjamaah, tahsin, belajar baca tulis Al-Qur’an, memperlancar bacaan panjang pendek di dalam Al-Qur’an, program ta’lim program setoran hafalan jadi setiap program tahsin dilaksanakan peserta didik selalu menyetorkan hafalan mereka. Program mufrodat, peserta didik belajar Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. (3) Dalam peningkatan kecerdasan spiritual kepada peserta didik para pengelola asrama memiliki strategi diantaranya: memberi teladan, pembiasaan yang baik, dan nasehat oleh pengelola asrama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIEMR

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Journal of Islamic Education Management Research (JIEMER) is an open access, peer-reviewed, and ranked journal according to article publication standards. We publish articles online quickly, with a print version published twice a year (February and August) on various topics, namely Management, ...