Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan
Vol 32 No 2 (2022): Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division

Didin Muhidin (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Bandung)
Hilyas Hibatullah Abdul Kudus (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ini merupakan salah satu langkah untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang tentunya akan berimbas pula pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X-2 Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Yayasan Ahmad Djuwaeni Kota Sukabumi. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian mengacu pada teori PTK menurut model Kemmis dan Mc. Taggart. Hasil dari penelitian ini adalah meningkat pada setiap siklusnya. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes siklus harian dari siklus I yaitu 62 dengan nilai rata-rata hasil tes siklus harian dari siklus II yaitu 68 terlihat adanya peningkatan sebesar 6. Begitu juga dengan melihat nilai rata-rata hasil tes siklus harian dari siklus III yaitu 79 terjadi peningkatan sebesar 7. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X.2 MAS YAD Kota Sukabumi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attadbir

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The Focus of Jurnal At-Tadbir (JAT) on religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...