Joyful Learning Journal
Vol. 13 No. 1 (2024): Joyful Learning Journal: Maret 2024

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA NEARPOD PADA SISWA KELAS V SDN BANYUMANIK 02 SEMARANG

Alvista Merry Tania (Universitas Negeri Semarang)
Ali Sunarso (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPAS kelas V SDN Banyumanik 02 Kota Semarang melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Nearpod. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Banyumanik 02 Kota Semarang. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, dengan jumlah 28 siswa kelas V SDN Banyumanik 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes ranah kognitif, instrumen observasi motivasi belajar, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learnning berbantuan media Nearpod dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS, yang mana persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 67,86% dengan kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,71% dengan kategori baik dan melampaui indikator keberhasilan 70%. (2) Melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Nearpod dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yang mana persentase motivasi belajar siklus I mencapai rata-rata sebesar 65,43 dengan kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan rata-rata sebesar 82,57 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan media Nearpod dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPAS pada siswa kelas V SDN Banyumanik 02, Kota Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jlj

Publisher

Subject

Education

Description

Joyful Learning Journal publishes research articles on the development of innovative and creative learning media, the effectiveness of a learning model, the comparison of a learning activity in elementary school, the relationship of a learning concept as well as conceptual studies on basic ...