cover
Contact Name
-
Contact Email
jlj@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jlj@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Sekaran, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Joyful Learning Journal
ISSN : -     EISSN : 2775295X     DOI : https://doi.org/10.15294/jlj
Core Subject : Education,
Joyful Learning Journal publishes research articles on the development of innovative and creative learning media, the effectiveness of a learning model, the comparison of a learning activity in elementary school, the relationship of a learning concept as well as conceptual studies on basic education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA NEARPOD PADA SISWA KELAS V SDN BANYUMANIK 02 SEMARANG Tania, Alvista Merry; Sunarso, Ali
Joyful Learning Journal Vol. 13 No. 1 (2024): Joyful Learning Journal: Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPAS kelas V SDN Banyumanik 02 Kota Semarang melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Nearpod. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Banyumanik 02 Kota Semarang. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, dengan jumlah 28 siswa kelas V SDN Banyumanik 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes ranah kognitif, instrumen observasi motivasi belajar, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learnning berbantuan media Nearpod dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS, yang mana persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 67,86% dengan kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,71% dengan kategori baik dan melampaui indikator keberhasilan 70%. (2) Melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Nearpod dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yang mana persentase motivasi belajar siklus I mencapai rata-rata sebesar 65,43 dengan kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan rata-rata sebesar 82,57 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan media Nearpod dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPAS pada siswa kelas V SDN Banyumanik 02, Kota Semarang.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA REALIA SISWA KELAS IV B SDN MLATIHARJO 01 SEMARANG Innayatu; Setyasto, Novi; Maryati, Titik; Utari, Purwanti
Joyful Learning Journal Vol. 13 No. 1 (2024): Joyful Learning Journal: Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi Bangun Datar pada kelas IV SDN Mlatiharjo 01 siswa kurang memahami rumus menghitung Luas dan Keliling. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun datar  menggunakan  model Problem Based Learning melalui media Realia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart dalam Arikunto menggunakan 4 langkah yaitu: (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan Tindakan (Action), (3) Observasi (Observation), dan (4) Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Mlatiharjo 01 kota Semarang yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis data kuantitatif dengan menghitung rata-rata nilai dan presentasi ketuntasan. Hasil Penelitian ini adalah rata-rat nilai dan presentase yang di dapat dari siklus 1 dan siklus II. Peningkatan tersebut di dapat dari hasil perbaikan dari siklus I untuk di siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari rata-rata siklus I adalah 56 dengan presentasi ketuntasan 57% dan rata-rata nilai pada siklus II yaitu 73 dengan presentase ketuntasan sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning melalui media Realia dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada pesetrta didik kelas IV SDN Mlatiharjo 01 Semarang.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TIKTOK (PAPAN WAKTU) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU KELAS IIA SDN MLATIHARJO 01 KOTA SEMARANG indahputrinurfebrianti; Setyasto, Novi; Maryati, Titik; Utari, Purwanti
Joyful Learning Journal Vol. 13 No. 1 (2024): Joyful Learning Journal: Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Problem Based Learning berbantuan media Papan Waktu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IIA SDN Mlatiharjo 01 yang berjumlah 26 peserta didik. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 51% dan siklus II meningkat menjadi 82%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Tiktok (Papan Waktu) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas IIA SDN Mlatiharjo 01 Kota Semarang
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI INDONESIA KAYA BUDAYA MELALUI PENDEKATAN CRT DENGAN BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA SISWA KELAS IV SDN BANYUMANIK 01 TAHUN AJARAN 2023/2024 LAHISA, AINU ILMA YUNI; Asih, Sri Sami
Joyful Learning Journal Vol. 13 No. 1 (2024): Joyful Learning Journal: Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada materi Indonesia kaya budaya peserta didik telah dibuktikan dengan adanya perolehan hasil pre tes pada materi Indonesia kaya budaya dari 28 peserta didik kelas IV SDN Banyumanik 01. Berdasarkan hasil pretes peserta didik, diperoleh nilai ketuntasan klasikal sebanyak 9 siswa. Melihat pernyataan ini dapat dikatakan bahwa persoalan di atas penulis tertarik untuk meneliti dan menguji sejauh mana hasil belajar siswa melalui pendekatan CRT dengan berbantuan media wordwall. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Banyumanik 01 Kelas IV. Penelitian dilaksanakan bulan Februari 2024 sampai Mei 2024. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada pra siklus menunjukkan hasil belajar siswa secara klasikal 32,14% dengan kategori “sangat rendah”, pada siklus I memiliki persentase 67,85% kategori tinggi, sedangka pada siklus II persentase secara klasikalnya 100% kategori “sangat tinggi”. Pada siklus I siswa pada siklus I secara klasikal 74,70% dengan kategori “baik” dan pada siklus II persentasenya menjadi 100% dan kategorinya “sangat baik”. Dari keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan CRT dengan berbantuan media wordwall dapat diterapkan pada materi Indonesia kaya budaya dan dapat meningkatkan hasil belajar di kelas IV Semester II SDN Banyumanik 01 Tahun Ajaran 2023/2024
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING Leni Yulianti; Andrijati, Noening
Joyful Learning Journal Vol. 13 No. 1 (2024): Joyful Learning Journal: Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Evaluasi pencapaian siswa adalah aspek penting dalam penilaian efektivitas pendidikan. Dalam penelitian berfokus pada evaluasi pencapaian siswa sebelum intervensi dalam suatu mata pelajaran, untuk memahami kemajuan belajar siswa dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Penelitian bertujuan untuk menilai tingkat pemahaman siswa dan memberikan dasar bagi perencanaan intervensi yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa di masa depan. Data nilai siswa dari 28 partisipan dikumpulkan dan dianalisis. Penelitian dilakukan melalui pengamatan nilai pra siklus, siklus 1, dan siklus 2, serta kategori keaktifan dan hasil belajar siswa. Terdapat variasi signifikan dalam prestasi belajar siswa, dengan beberapa siswa menunjukkan kemajuan yang baik sementara yang lain memerlukan perhatian tambahan. Penilaian menunjukkan peningkatan yang konsisten dalam nilai rata-rata siswa dari pra siklus hingga siklus 2, serta peningkatan yang signifikan dalam kategori keaktifan dan hasil belajar siswa. Melalui penelitian ini, pendidik dapat merencanakan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan memberikan dukungan yang tepat kepada setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.  
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Learning (TaRL) dengan Model PBL Pada Materi FPB dan KPK Kelas V Di SDN Pekunden Fitria, Lailatul; Sari, Elok Fariha; Khairunnikmah, Zul Fajrin
Joyful Learning Journal Vol. 13 No. 1 (2024): Joyful Learning Journal: Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika KPK dan FPB yang berdampak pada prestasi belajarnya. Peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL dan pendekatan TaRL dalam pembelajaran Matematika KPK dan FPB di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sasak di SDN Pekunden Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Dari hasil skor evaluasi kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Peningkatan hasil belajar siswa diketahui dari evaluasi siklus I dan siklus III yang membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari penelitian ini mengacu pada indeks keberhasilan yaitu siklus I memperoleh nilai rata-rata 6,10 dengan 21% (6 siswa) tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 73,39 dengan ketuntasan 47% (13 siswa). Selanjutnya, pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 79,28 dengan ketuntasan 82% (23 students). Dengan demikian, penelitian tindakan kelas dengan pendekatan TaRL dan Model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS VB SDN BENDAN NGISOR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORLDWALL Anik Listianah; Isdaryanti, Barokah; Azizah, Luluk Nur
Joyful Learning Journal Vol. 13 No. 1 (2024): Joyful Learning Journal: Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media worldwall di kelas VB SDN Bendan Ngisor pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VB SDN Bendan Ngisor dengan jumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 16 perempuan dan 9 laki-laki dengan objek penelitian yaitu hasil belajar mata pelajar IPAS. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu nilai dari guru kelas dan pretes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di Kelas VB SDN  Bendan Ngisor. Pada siklus I nilai rata-rata nilai peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu 52,6 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 32%, sedangkan pada pertemuan 2 yaitu 68,4 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 44%, nilai rata-rata pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan ketuntasan hasil belajar yaitu minimal 75% sehingga perlu dilakukan tindakan pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu 74,6 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 64%, sedangkan pada siklus II pertemuan II yaitu 81 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 80%, angka ini sudah memnuhi indikator keberhasilan dari penelitian ini yaitu lebih dari 75% peserta didik mencapai KKTP. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran problem based learning (PBL) terjadi peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas VB SDN Bendan Ngisor tahun ajaran 2023/2024
HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR SISWA SD NEGERI BATURSARI 6 KABUPATEN DEMAK Arinata, Firdian Setiya; Puji S, Dwi Yuwono; Munawaroh, Eem; Prihatin, Sri; Fitrotur Rahmah, Farah Aida; Syafika, Farah Titania
Joyful Learning Journal Vol. 13 No. 4 (2024): Joyful Learning Journal: Desember 2024
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Intensitas ancaman banjir terus meningkat dari waktu ke waktu. Daerah yang berada di daerah rawan banjir harus siap menghadapi bencana tersebut, terutama yang berdampak pada dunia pendidikan. Peristiwa dapat dipicu oleh peristiwa alam, tindakan manusia atau kombinasi keduanya. Upaya pengurangan risiko bencana dapat dilakukan dengan mengubah perilaku manusia, meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir terjadinya korban, diperlukan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Pengetahuan merupakan faktor utama dalam kesiapsiagaan bencana banjir. Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui tingkat pengetahuan, tingkat kesiapsiagaan dan hubungan pengetahuan dengan kesiapsiagaan bencana banjir dengan subyek 86 siswa SD Negeri Batursari 6 Kabupaten Demak. Dari hasil  corelations nilai sig. (2-tailed= 0.000) < 0.05, sehingga diperoleh kesimpulan ada hubungan antara pengetahuan dengan kesiapsiagaan bencana banjir siswa SD Negeri Batursari 6 Kabupaten Demak.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS ATAS SDN GAMBIRANOM Diwyacitta Belia Ratnasetya; kurniawati, Kurniawati
Joyful Learning Journal Vol. 13 No. 4 (2024): Joyful Learning Journal: Desember 2024
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas atas SDN Gambiranom yang dibuktikan dengan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Menurunnya prestasi belajar siswa bersamaan dengan ketertarikan siswa terhadap media sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara signifikan penggunaan media sosial TikTok terhadap prestasi belajar siswa kelas atas SDN Gambiranom. Pendekatan kuantitatif jenis ex-post facto digunakan dalam penelitian ini. Seluruh siswa kelas atas SDN Gambiranom merupakan populasi penelitian. Perhitungan sampel penelitian menggunakan Rumus Slovin dan diperoleh hasil 123 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Kuesioner melalui tahan validitas isi dan konstruk. Validitas konstruk menggunakan Exploratory Factor Analisys (EFA) dan Confirmatory Factor Analisys (CFA). Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Selanjutnya data dianalisis menggunakan deskriptif statistik dan analis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value sebesar 0,793 sehingga p > 0,05. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial TikTok tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas atas SDN Gambiranom.
PENGARUH ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN GURU SEKOLAH INDONESIA DAVAO TENTANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA Elok Fariha Sari; Prasetyaningtyas, Fitria Dwi; Isdaryanti, Barokah; Irvan, Moh. Farizqo; Wulandari, Dyah Ayu
Joyful Learning Journal Vol. 13 No. 4 (2024): Joyful Learning Journal: Desember 2024
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh organizational learning terhadap pemahaman guru Sekolah Indonesia Davao dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Metode ini diterapkan melalui pelatihan terstruktur yang menekankan kolaborasi dan refleksi kolektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan organizational learning memiliki dampak positif terhadap pemahaman guru, dengan peningkatan rata-rata pemahaman sebesar 25,33 poin yang termasuk kategori sedang. Uji t-dependen mengungkapkan adanya perbedaan signifikan antara pemahaman guru sebelum dan sesudah pelatihan, menunjukkan efektivitas metode ini. Peningkatan pemahaman tersebut diindikasikan oleh kemampuan guru dalam memahami implementasi Kurikulum Merdeka secara terorganisasi dan terarah. Hal ini mendukung upaya pengembangan kualitas pembelajaran di Sekolah Indonesia luar negeri. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya pendekatan yang sistematis dan berbasis organisasi untuk menjawab tantangan penerapan kebijakan pendidikan lintas negara. Sebagai implikasi, penelitian ini membuka peluang eksplorasi lebih lanjut terkait penerapan organizational learning pada ranah keterampilan, tidak hanya terbatas pada pemahaman kognitif. Subjek penelitian yang lebih luas juga diusulkan untuk memperluas generalisasi hasil, khususnya di lingkungan pendidikan multikultural. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan dalam menyempurnakan strategi pelatihan guru dan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di berbagai konteks pendidikan global.