Joyful Learning Journal
Vol. 14 No. 1 (2025): Joyful Learning Journal: Maret 2025

Pengaruh Media Congklak Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Megal Pada Materi Pembagian

Erika Winda Juwita Ningrum (Unknown)
Sari, Elok Fariha (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran matematika, khususnya pada topik pembagian, sering dianggap sulit oleh sebagian siswa karena kesulitan memahami konsep dasar pembagian sebagai pengurangan berulang. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan media pembelajaran interaktif seperti congklak dinilai efektif. Selain itu, metode Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterlibatan siswa dengan berfokus pada pemecahan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi ketuntasan hasil belajar siswa pada materi pembagian menggunakan media congklak (2) menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dengan dan tanpa penggunaan media congklak dan (3) mengidentifikasi efektivitas penggunaan congklak pada materi pembagian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Analisis data dilakukan menggunakan uji one-sample t-test, independent sample t-test, dan N-gain. Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pembagian menggunakan media congklak dinyatakan tuntas yaitu lebih dari KKTP yang telah ditentukan dengan hasil uji t hitung (3,494) > t tabel (2,14479). Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai significance two-sided p (<0,001) < α (0,05). Selain itu, analisis N-gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 65,48% dengan 31,74%. Dengan demikian, media congklak terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar topik pembagian pada siswa kelas III Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jlj

Publisher

Subject

Education

Description

Joyful Learning Journal publishes research articles on the development of innovative and creative learning media, the effectiveness of a learning model, the comparison of a learning activity in elementary school, the relationship of a learning concept as well as conceptual studies on basic ...