Solidarity : Journal of Education, Social dan Culture
Vol. 13 No. 1 (2024): SOLIDARITY

Dukungan dan Hambatan Sekolah Alternatif dalam Pendampingan Belajar Anak-Anak Desa Limpakuwus

Wilda Nur Fajriyah (Unknown)
Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2024

Abstract

Permasalahan rendahnya tingkat pendidikan anak-anak di Desa Limpakuwus menyebabkan adanya gerakan dari seorang relawan dengan membentuk sekolah alternatif Oemah Sinau Bocah yang menjadi praksis pendidikan dalam memenuhi kebutuhan anak didik yang belum terealisasikan di pendidikan formal. Oemah Sinau Bocah sebagai sekolah alternatif tidak terlepas dari berbagai dukungan dan hambatan dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pendampingan belajar di Oemah Sinau Bocah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung pada program pendampingan belajar di Oemah Sinau Bocah yaitu adanya kerja sama dengan berbagai pihak dan dukungan dari orang tua maupun masyarakat sekitar. Faktor penghambatnya yaitu rendahnya minat masyarakat menjadi relawan pengajar tetap, adanya permasalahan biaya atau dana, dan sarana prasarana yang kurang memadai

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solidarity

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Solidarity: Journal of Education, Society and Culture starting in 2024 migrates to better secure from various unwanted things, including journal hacking and so on. To submit, the author please visit the new website page of our journal at the link ...