UPEJ : Unnes Physics Education Journal
Vol. 13 No. 1 (2024)

Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada Materi Sumber Energi dalam Menunjang Pengembangan Karakter Peserta

Putra, Bayu Ramadhani (Unknown)
Ellianawati, Ellianawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Bahan Ajar yang berorientasi pada permasalahan lingkungan sekitar dengan pengaplikasian teknologi menggunakan pendekatan STEAM mendukung pengembangan keterampilan belajar abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahaimana pengembangan e-modul berbasis STEAM dalam menunjang pengembangan karakter peserta didik, serta untuk mengetahui kepraktisan penggunaan e-modul berbasis STEAM tersebut. Metode Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pendekatan ADDIE. Tahap yang dilakukan dalam penelitian ini adalah 1) Analisis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Sampel dalam penelitian ini yaitu 36 peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Semarang dengan kriteria tersedianya Wi-Fi di kelas dan penggunaan smartphone oleh seluruh peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis STEAM untuk keterampilan berpikir kritis memperoleh skor N-gain sebesar 0.35 dengan kriteria sedang, keterampilan berpikir kreatif memperoleh skor N-Gain sebesar 0,40 dengan kriteria sedang, serta keterampilan kolaborasi untuk masing-masing proyek memperoleh skor sebesar 69 untuk LKPD, 75 untuk poster, dan 74 untuk karya tulis. Kepraktisan e-modul berbasis STEAM memperoleh persentase sebesar 70,07% dengan kategori praktis. Persentase ini menunjukkan respon peserta didik terhadap materi pembelajaran dengan pendekatan STEAM baik. Dengan demikian dapat disimpulkan pengembangan e-modul berbasis STEAM adalah valid dan layak digunakan dalam menunjang pengembangan karakter peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...