UPEJ : Unnes Physics Education Journal
Vol. 14 No. 1 (2025)

Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif menggunakan Canva pada Materi Energi untuk Peserta Didik Tunarungu

Fauziah, Amalia (Unknown)
Rusilowati, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital interaktif menggunakan Canva pada materi energi untuk peserta didik tunarungu yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek pada penelitian ini yaitu 5 peserta didik kelas XI Tunarungu di SLB Negeri Semarang pada tahun ajaran 2024/2025. Pengembangan bahan ajar digital interaktif menggunakan Canva ini menyesuaikan kondisi anak tunarungu dengan karakteristik yang didasarkan pada konten visual dan bersifat interaktif. Hasil kevalidan dari bahan ajar diperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori valid dan hasil kepraktisan diperoleh persentase sebesar 82% oleh guru dan 79% oleh peserta didik dengan kategori praktis. Keefektifan dari bahan ajar yang dianalisis menggunakan effect size memperoleh nilai sebesar 1,78 dengan kategori very large effect. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital interaktif menggunakan Canva pada materi Energi layak dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dan peserta didik tunarungu dan memiliki efek yang sangat besar (very large effect) yang ditimbulkan pada hasil belajar peserta didik tunarungu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...