Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak adanya guru pendamping khusus ABK,kurangnya guru PJOK, dan mayoritas ABK mengalami gangguan tunagrahita/keterlambatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PJOK di sekolah dasar inklusi SDNKaranganyar Gunung 02. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjekkepala sekolah dan guru PJOK. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PJOKdi SDN Karanganyar Gunung 02 belum menerapkan Program Pembelajaran Individual(PPI) bagi ABK. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran masih disamakan dengansiswa regular. Evaluasi pembelajaran hanya berdasarkan pengamatan perkembangan saatsiswa melakukan gerakan dan bersosialisasi. Kesimpulannya perencanaan, pelaksanaan,dan evaluasi pembelajaran PJOK inklusi di SDN Karanganyar Gunung 02 belumberjalan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan pembuatan perangkat ajar PJOK padaABK masih disamakan dengan siswa regular. Dari segi proses pembelajaran PJOK ABKmasih disamakan dengan siswa regular. Pendampingan terhadap ABK di SDNKaranganyar Gunung 02 hanya dilakukan apabila siswa mengalami kesulitan.
Copyrights © 2024