Membaca merupakan suatu permasalahan di sekolah, khususnya pada siswa kelas 3 SD di Surakarta. Kelancaran dan pemahaman membaca dapat ditingkatkan dengan metode membaca berulang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Stevens, dkk, membaca berulang merupakan intervensi yang paling efektif untuk meningkatkan kelancaran dan keterampilan pemahaman membaca jika dibandingkan dengan 19 metode lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode membaca berulang terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 3 SD di Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Pra-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa. Berdasarkan hasil uji analisis dengan Uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa metode membaca berulang berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 3 SD di Surakarta.
Copyrights © 2025