Jurnal Teras Kesehatan
Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Teras Kesehatan

Pengaruh Metode Repeated Reading Terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 3 SEkolah Dasar di Surakarta

Larasati Eka Permatasari (Unknown)
Anisyah Dewi Syah Fitri (Unknown)
Sinar Perdana Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Membaca merupakan suatu permasalahan di sekolah, khususnya pada siswa kelas 3 SD di Surakarta. Kelancaran dan pemahaman membaca dapat ditingkatkan dengan metode membaca berulang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Stevens, dkk, membaca berulang merupakan intervensi yang paling efektif untuk meningkatkan kelancaran dan keterampilan pemahaman membaca jika dibandingkan dengan 19 metode lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode membaca berulang terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 3 SD di Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Pra-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa. Berdasarkan hasil uji analisis dengan Uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa metode membaca berulang berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 3 SD di Surakarta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jutek

Publisher

Subject

Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Medicine & Pharmacology Physics Public Health

Description

JTKes memuat topik-topik artikel yang erat kaitannya dengan bidang: Terapi Wicara meliputi Etiologi, Assesmen, Diagnosis, Intervensi, maupun perkembangan teori gangguan bicara, bahasa dan menelan termasuk pendidikan dan manajemen klinis terapi wicara. Radiologi dengan ruang lingkup Radiodiagnostik, ...