IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA pada MATERI ALJABAR dengan MENGGUNAKAN STRATEGI JOYFULL LEARNING MTs KELAS VII

wulan ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran yang efektif ditandai dengan adanya proses belajar dalam diri siswa. Apabila seseorang telah mengalami proses belajar di dalam dirinya terjadi perubahan, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti dan sebagainya. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting diajarkan pada semua jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah. Hasil observasi menunjukkan bahwa ada beberapa masalah yang muncul saat siswa diajarkan materi Aljabar. Masalah pertama yang muncul adalah kurangnya pencapaian hasil belajar Matematika siswa, penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi Aljabar dengan menggunakan strategi joyfull learning. Hasil pengamatan di silkus I dan II menunjukan ada peningkatan pencapaian hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh hasil pretest dan posttest siswa yang mecapai nilai KKM. Strategijoyfull learning membuat siswa lebih dapat menerima materi yang disampaikan dikarenakan suasana yang menyenangkan dan tanpa ketegangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...