cover
Contact Name
Fani Yunida Anggraheni
Contact Email
anggrahenify94@gmail.com
Phone
+6282188967203
Journal Mail Official
anggrahenify94@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ir. Soekarno Ring Road Barat No. 09, Ngronggi, Grudo, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur
Location
Kab. ngawi,
Jawa timur
INDONESIA
IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
ISSN : -     EISSN : 27758397     DOI : -
Core Subject : Education,
IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to the following topics: Mathematics Ability, Mathematics Learning Models, Mathematics Learning Media, Curriculum Development, Assessment and Evaluation, Didactical Design Research (DDR), Realistic Mathematics Education (RME), Ethnomathematics, Research and Development (RnD).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 27 Documents
REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 KABUPATEN MAGETAN DALAM PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KOMPETENSI PENGETAHUAN anwas mashuri
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT: This research aimed to analyse verbal, visual,and symbolic mathematical representations abilities for students for 12th natural-science grade SMA Negeri 1 Kabupaten Magetan in solving trigonometric problems viewed from high competence of knowledge. This research used qualitative method. The participants were 4 students who had high competence of knowledge taken from 20 students of 12th natural-science grade SMA Negeri 1 Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Data validation was carried out using time triangulation. Data analysis used Huberman and Miles stages. The results showed that participants answered not only based on the given figure, but also used the definition of trigonometric ratio on verbal representations. On the other hand, paricipants were able to determine the object positions to be observed. However, paricipants failed to determine the direction of the angle of depression at the sketches made on visual representations. Failure in determining the direction of the angle of depression to cause an error in using the mathematical equation properly. Finally, participants were unsuccessful to use the mathematical equation properly on symbolic representations. From this research, we could recommend the importance of translations between mathematical representations and mathematical problems, as well as translations among mathematical representaions (verbal, visual, and symbolic) in learning mathematics in the classroom. Keywords: Competence of Knowledge, Mathematical Representations, Trigonometric Problems
MENENTUKAN LETAK KUARTIL PADA DATA TUNGGAL MENGGUNAKAN METODE PENJUMLAHAN SATU Oki Ribut YP
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Mengolah data penelitian merupakan kebutuhan seorang peneliti. Ketelitian dan ketepatan dalam menghitung sangat diperlukan untuk menghasilkan kesimpulan penelitian yang valid. Dalam penelitian kuantitatif terdapat istilah yaitu kuartil, desil, dan persentil. Hal ini selalu dijumpai oleh peneliti, selanjutnya peneliti harus memahami fungsi dan cara menghitungnya. Pada bagian ini, dijelaskan mengenai letak kuartil pada data tunggal.Metode penjumlahan satu, akan sangat membantu peneliti dalam menentukan letak kuartil pada data tunggal. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah metode penjumlahan satu lebih efisien daripada metode biasanya dalam menentukan letak kuartil pada data tunggal.
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI INTERAKSI SOSIAL SISWA heri cahyono
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada model pembelajaran kooperatif tipe TPSdengan pendekatan saintifik, siswa dengan tingkat interaksi sosial tinggi, sedang, atau rendah pada materi pokok fungsi.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling, sehingga diperoleh siswa pada SMP Negeri 3 Ngrambe, SMP Negeri 2 Paron, dan SMP Negeri 2 Widodaren sebagai sampel penelitian sebanyak 90 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan angket interaksi sosial siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi (anava) satu jalan sel tak sama.Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik pada siswa tingkat interaksi sosial tinggi memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan dengan siswa tingkat interaksi sosial sedang dan rendah, serta prestasi belajar matematika siswa tingkat interaksi sosial sedang sama baiknya dibandingkan dengan siswa tingkat interaksi sosial rendah dalam memberikan prestasi belajar matematika pada materi pokok fungsi. Kata Kunci: TPS dengan pendekatan saintifik; interaksi sosial siswa; prestasi belajar.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA pada MATERI ALJABAR dengan MENGGUNAKAN STRATEGI JOYFULL LEARNING MTs KELAS VII wulan ria
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran yang efektif ditandai dengan adanya proses belajar dalam diri siswa. Apabila seseorang telah mengalami proses belajar di dalam dirinya terjadi perubahan, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti dan sebagainya. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting diajarkan pada semua jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah. Hasil observasi menunjukkan bahwa ada beberapa masalah yang muncul saat siswa diajarkan materi Aljabar. Masalah pertama yang muncul adalah kurangnya pencapaian hasil belajar Matematika siswa, penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi Aljabar dengan menggunakan strategi joyfull learning. Hasil pengamatan di silkus I dan II menunjukan ada peningkatan pencapaian hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh hasil pretest dan posttest siswa yang mecapai nilai KKM. Strategijoyfull learning membuat siswa lebih dapat menerima materi yang disampaikan dikarenakan suasana yang menyenangkan dan tanpa ketegangan.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA Anugrah Salsabila
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari penulisan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswamelalui pembelajaran pendekatan PMRI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental research). Penelitian terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Untuk mengumpulkan data digunakan metode dokumentasi dan metode tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t.Hasil penelitian menunjukan nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswaantara kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran pendekatan PMRIdengan sesudah dikenai tindakan. Berdasarkan nilai dari rata-rata masing-masing tindakan pembelajaran didapat kesimpulan penelitian kelas sesudah dikenai tindakan dengan nilai rata-rata 75,41 lebih baik daripada kelas sebelum dikenai tindakan dengan nilai 66,67. Hal tersebut berarti kemampuan pemecahan masalah siswapada kelas sesudah dikenai pembelajaran pendekatan PMRIlebih baik daripada kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran spendekatan PMRI
MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH MELALUI PENDAMPINGAN PKKS PADA TUJUH SMA/SMK BINAAN DI KULON PROGO SEMESTER 1 TAHUN 2014/2015 Giyarsih
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 1 No. 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Judul karya tulis ilmiah yang berisikan penelitian tindakan sekolah di atas, bertujuan mendiskripsikan kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya khususnya pada tugas manajerial, dan supervisi pada tujuh sekolah binaan pengawas sekolah di Kabupaten Kulon Progo, yaitu SMK Negeri 1 Temon, SMK Ma’arif 2 Temon, SMK Muhammadiyah 1 Temon, SMK Muhammadiyah 1 Wates, SMA Muhammadiyah Galur, SMA Negeri Girimulyo dan SMK Negeri Kokap. Metode yang digunakan adalah studi dokumen, wawancara, menilai diri sendiri, monitoring dan evaluasi, dengan menggunakan instrumen PKKS baku/standar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pencapaian kinerja kepala sekolah rata-rata baik (82). Dari tujuh kepala sekolah, tujuh orang dinilai kinerjanya dengan hasil empat orang dengan kategori Baik (76-90), dan 1 orang kategori cukup (65-75). Dua kepala sekolah tidak dikinerja karena sebagap pelaksana tugas harian dan kepala sekolah baru. Terdapat empat indicator kinerja yang secara umum belum baik yaitu: 1). Kepala sekolah dalam melakukan pembinaan prestasi unggulan dan pelacakan terhadap alumni (indicator lima sebesar 70%; 2). Kepala sekolah dalam menindaklanjuti hasil supervise (indicator 16 sebesar 65%); 3). Kepala sekolah dalam melakukan evaluasi diri sekolah (EDS) (indicator 17 sebesar 65%); 4). Kepala sekolah dalam pendayagunaan pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan (indicator 18sebesar 70%). Tindak lanjut terhadap hasil kinerja kepala sekolah yaitu perlu dilakukan pelatihan Pengelolaan Sekolah, pengembangan dimensi kompetensi manajerial dan supervisi bagi kepala sekolah yang nilai kinerjanya belum baik oleh Dinas Pendidikan terkait. Kepala sekolah yang nilai kinerjanya sudah baik dapat diperhitungkan dalam usul kenaikan pangkat.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 NGRAMBE AHUN PEMBELAJARAN 2020/2021 Indah Pramesti; Heri Cahyono
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 1 No. 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA dengan menggunakan model pembelajaran blended learning dan kelas VIIB dengan menggunkan model pembelajaran online di SMP Negeri 3 Ngrambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Tempat penelitian dilakukan adalah SMP Negeri 3 Ngrambe. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ngrambe yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB. Perlakuan diberikan kepada kelas eksperimen dengan memberikan pembelajaran dengan model pembelajaran blended learning. Sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran diberikan dengan model pembelajaran online. Hasil belajar kelas-kelas tersebut berupa nilai yang didapat dari pretest dan posttest. Tehnik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan data yaitu dengan tehnik analisis deskriptif yang meliputi modus, median, mean, varians, dan standar deviasi. Kemudian dilakukan uji persyaratan dengan uji keseimbangan, uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan statistik paramtris dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hail belajar yang matematika yang signifikan ( t hitung = 11,18594 > t tabel 1,99962) antara kelas VIIA dengan model pembelajaran blended learning dan kelas VIIB dengan model pembelajaran online.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PITU Karin Nurlita Dwi Maharani; Cahyono, Heri
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 1 No. 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dan Konvensioanl pada siswa kelas VIII SMP N 1 Pitu Tahun Ajaran 2020/2021. (2) Mengetahui mana prestasi belajar yang terbaik, dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dan Konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Pitu Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode pengamatan dan perbandingan. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Pitu tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa. Uji coba instrumen meliputi uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlett. Dengan α = 0,05 diperoleh simpulan bahwa sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang sama (homogen). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) dengan menggunakan uji ANAVA satu jalur sel tak sama menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dan Konvensional pada pokok bahasan Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Pitu Tahun Pelajaran 2020/ 2021 (2) Analisis sesudah ANAVA menggunakan Uji Scheffe menunjukkan bahwa hasil Prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dari pada Problem Based Learning dan Konvensional.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK ANDRAGOGI DI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Mardiyatun
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 1 No. 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji manfaat dan eefisiensi supervisi akademik melalui Teknik Andragogi guna meningkatkan kompetensi guru agama Islam dalam membuat video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek utama 36 guru pendidikan agama Islam di Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tindakan penelitian ini diupayaan melalui Supervisi Akademik Teknik Andragogi sedangkan aksi yang dilakukan melalui 4 tahapan tindakan, ialah tahapan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan perenungan (reflection). Tahapan action dan observation dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama dua (2) siklus sampai terjadi peningkatan atau tercapainya solusi permasalahan yang diangkat. Metode yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi, tes pemahaman, dan hasil produk. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik andragogi dapat meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam membuat video pembelajaran pada masa pandemi C-19. Hal ini dibuktikan setelah adanya tindakan yakni: (1) hasil observasi dan angket serta hasil produk, menunjukkan bahwa tingkat kehadiran peserta dari siklus ke siklus berikutnya dan peserta merasakan senang mengikuti bimbingan teman sejawat secara andragogi sebesar 100 % (2) pemahaman konsep dalam membuat video pembelajaran meningkat dari kondisi yang rendah dan cukup menjadi baik dan sangat baik 88.1% artinya para guru pendidikan agama Islam sebagai peserta andragogi sudah mampu memahami konsep dengan baik (3) hasil penilaian produk siklus I masih rendah 69.1 %, setelah adanya tindakan di siklus ke II menjadi naik secara signifikan ke level baik dan sangat baik 82.7 %, artinya sejumlah 36 guru agama Islam setelah mampu memahami konsep, otomatis mampu membuat video penbelajaran sesuai indikator keberhasilan. (4) teknik andragogi dapat dilaksanakan dengan mudah dan efektif serta sangat bermanfaat. Kelemahan-kelemahan yang masih terjadi mampu diatasi pada supervisi -supervisi berikutnya.
PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 1 PITU Nia Purwati; Mashuri, Anwas
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 1 No. 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design yang bertujuan mendeskripsikan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa kelas IX yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri mathematic project (MMP). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX. Dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A berjumlah 11 orang siswa dikelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan indikator motivasi hasil belajar siswa . hasil uji hipotesis menunjukkan: 1) nilai rata-rata posttest siswa memenuhi nilai KKM yang ditetapkan yaitu lebih besar sama dengan 85. Ini berarti bahwa nilai rata-rata posttest secara signifikan lebih dari 80; 2) nilai posttest yang diperoleh siswa telah tuntas secara klasikal berdasarkan uji anava, ini berarti hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Missouri mathematics project meningkat secara signifikan.

Page 1 of 3 | Total Record : 27