IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 1 No. 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 NGRAMBE AHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Indah Pramesti (Unknown)
Heri Cahyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA dengan menggunakan model pembelajaran blended learning dan kelas VIIB dengan menggunkan model pembelajaran online di SMP Negeri 3 Ngrambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Tempat penelitian dilakukan adalah SMP Negeri 3 Ngrambe. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ngrambe yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB. Perlakuan diberikan kepada kelas eksperimen dengan memberikan pembelajaran dengan model pembelajaran blended learning. Sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran diberikan dengan model pembelajaran online. Hasil belajar kelas-kelas tersebut berupa nilai yang didapat dari pretest dan posttest. Tehnik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan data yaitu dengan tehnik analisis deskriptif yang meliputi modus, median, mean, varians, dan standar deviasi. Kemudian dilakukan uji persyaratan dengan uji keseimbangan, uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan statistik paramtris dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hail belajar yang matematika yang signifikan ( t hitung = 11,18594 > t tabel 1,99962) antara kelas VIIA dengan model pembelajaran blended learning dan kelas VIIB dengan model pembelajaran online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...