Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika selama pandemi covid-19, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan identifikasi faktor penghambat selama proses pembelajaran selama pandemi covid-19. Fokus dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter dengan subjek satu guru matematika dan juga lima siswa, kelas VIIA di SMP N 3 Ngrambe, penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Ngrambe karena sekolah tersebut merupakan sekolah yang sebelumnya memiliki penelitian tentang karakter tetapi sebelum terjadinya pandemi COVID-19. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1) Pelaksanaan pendidikan karakter guru selama masa pembelajaran selama pandemi covid-19 berjalan dengan baik. Dilihat dari perencanaannya, RPP yang digunakan secara online belum tertulis, tetapi dari penjelasan guru ada pendidikan karakter. Dalam pelaksanaan pembelajaran terlihat adanya pendidikan karakter berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti. Artinya, dimulai dengan kegiatan sholat yang mencerminkan pendidikan sopan santun, dalam melaksanakan tugas dan memberikan materi pendidikan karakter, dapat diketahui bahwa siswa mendapatkan pendidikan karakter berupa kedisiplinan. Kemudian pada tahap evaluasi, terdapat pendidikan karakter berupa penilaian siswa berupa kejujuran, keadilan dan keterbukaan. (2) Faktor-faktor yang membuat pendidikan karakter peserta didik dalam pembelajaran matematika tidak berjalan sempurna antara lain: faktor internet, metode pembelajaran dan faktor lingkungan siswa.
Copyrights © 2021