Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan semangat kerja guru di SMP Negeri 2 Widodaren. 2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 2 Widodaren. 3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja di SMP Negeri 2 Widodaren. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan tiga temuan, yaitu: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan semangat kerja guru di SMP Negeri 2 Widodaren tidak hanya terbatas sebagai pemimpin saja, tetapi juga sebagai: educator; manager; administrator; supervisor dan leader, 2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 2 Widodaren sudah berjalan baik sesuai dengan peraturan sekolah, meskipun sebahagian masih ada yang kurang disiplin dalam waktu kehadiran tepat waktu karna faktor dari guru yang adanya rumah jauh, mengenai masalah keadaan di rumah, adanya guru dan pegawai masih belum paham apa itu niat dalam meningkatkan disiplin, 3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja di SMP Negeri 2 Widodaren, yaitu: dengan menjalankan manajemen partisipatif yaitu hubungan kerja sama yang baik dengan semua pikah masyarakat sekolah; memberikan gaji/ upah agar guru tetap semangat dalam kerjanya; membuat lingkungan kerja bagi staf karyawan, guru-guru, dan ruang belajar peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021