IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 3 No. 01 (2023): Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)

Kemampuan Penalaran Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier Ditinjau dari Gender

Mashuri, Anwas (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran mahasiswa dalam menyelesaikan masalah program linier ditinjau dari gender. Penelitian ini dilakukan di Prgram Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester IV dengan memilih berdasarkan gender, yaitu laki-laki dan perempuan. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes soal kemampuan penalaran, yang indikatornya meliputi kemampuan (1) merumuskan pernyataan matematis tertulis, (2) melakukan operasi matematika, (3) mengumpulkan bukti kebenaran penyelesaian, dan (4) sampai pada kesimpulan penyataan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan data statistik yang akan mendeskripsikan variabelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran mahasiswa pada mata kuliah program linier berada pada tingkat tinggi. Berdasarkan indikator kemampuan bernalaran mahasiswa, siswa laki-laki telah mampu merumuskan pernyataan matematis dalam bentuk tertulis, telah mampu melakukan operasi matematika, tidak bisa mengumpulkan bukti kebenaran penyelesaian, dan tidak bisa menarik kesimpulan. Kemampuan bernalaran mahasiswa putri didasarkan pada indikator kemampuan bernalaran, yaitu mampu merumuskan pernyataan matematis tertulis, tidak mampu melakukan operasi matematika, tidak mampu mengumpulkan bukti kebenaran penyelesaiannya, dan tidak mampu. untuk menarik kesimpulan dari pernyataan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...