Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol. 1 No. 1 (2020)

PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI INVESTASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI PASAR MODAL SYARIAH PADA KOMUNITAS INVESTOR SAHAM PEMULA

Firdariani Nabilah (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Hartutik Tutik (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari pengetahuan, religiusitas dan motivasi terhadap minat berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 100 responden Anggota Komunitas Investor Saham Pemula Regional Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling, kemudian data diproses menggunakan analisa regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan secara parsial berpengaruh terhadap minat berinvestasi; Religiusitas secara parsial berpengaruh terhadap minat berinvestasi; Motivasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi. Nilai Adjusted R Square nya adalah 0,507, artinya pengetahuan, religiusitas dan motivasi dapat menjelaskan sebesar 50,7% terhadap minat berinvestasi. Sementara sisanya 49,3% dapat dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diuji dalam penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

taraadin

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Taraadin merupakan jurnal nasional yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal ini menjadi wadah publikasi ilmiah yang fokus pada pengembangan dan penyebarluasan hasil penelitian di bidang Ekonomi Islam. ...