cover
Contact Name
Jaharuddin
Contact Email
jaharuddin@umj.ac.id
Phone
+62856-9133-0594
Journal Mail Official
jaharuddin@umj.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419 taraadin@umj.ac.id
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
ISSN : -     EISSN : 27747778     DOI : https://doi.org/10.24853/trd.1.1.55-67
Jurnal Taraadin merupakan jurnal nasional yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal ini menjadi wadah publikasi ilmiah yang fokus pada pengembangan dan penyebarluasan hasil penelitian di bidang Ekonomi Islam. Diterbitkan dua kali dalam setahun, setiap bulan Maret dan September, Jurnal Taraadin hadir sebagai media ilmiah yang mengundang kontribusi dari dosen, peneliti, akademisi, praktisi, serta mahasiswa jenjang S1, S2, dan S3. Artikel yang diterima dalam jurnal ini merupakan hasil kajian teoretis maupun empiris yang berkaitan dengan: Ilmu Ekonomi Islam Keuangan Islam Perbankan Islam Bisnis Islam dan Kewirausahaan Islam Industri Halal Topik-topik lain dalam ruang lingkup Ekonomi Islam Setiap naskah yang dikirimkan akan melalui proses seleksi awal oleh tim editor, kemudian ditelaah melalui proses peer-review untuk menjamin kualitas dan kontribusi ilmiahnya. Komunikasi dan proses review dilakukan secara elektronik melalui sistem Open Journal System (OJS), sehingga menjamin transparansi dan akuntabilitas dalam publikasi ilmiah.
Articles 60 Documents
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BELI PRODUK HALAL Rossje V Suryaputri
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/trd.1.1.1-15

Abstract

Meningkatnya populasi Muslim berdampak terhadap daya beli konsumen Muslim yang semakin besar. Hal ini didukung pula oleh meningkatnya kesadaran halal di kalangan umat Muslim, sehingga meningkatkan peluang bisnis industri makanan dan minuman halal. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli produk makanan dan minuman halal yaitu religiusitas, kesadaran halal, dan sertifikasi halal. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan causal descriptive dengan uji hipotesis menggunakan data cross section yang dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data yang berhasil dikumpulkan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa religiusitas, kesadaran halal, dan sertifikasi halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen Muslim, baik secara simultan maupun parsial.
FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EKONOMI NASABAH DAN PEMODAL PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) DI INDONESIA Akhmad Amin Mastur; Engkur dsh
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/trd.1.1.16-42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Dana Pihak Ketiga, Modal Disetor, Laba Lancar, Total Biaya,Simpanan Mudharabah, Total Pembiayaan, Biaya Tidak Lancar, Biaya Promosi, Biaya Riset, Akun DPK pada PDB UMKM sebagai nasabah ekonomi BPRS dan ekonomi investor berupa Return On Equity (ROE) pada Bank Pembiayaan Syariah (BPRS) secara nasional di Indonesia periode tahun 2014-2018 dan menganalisis perbedaan dari ekonomi pelanggan dengan ekonomi pemodal berdasarkan dominasi.Metode penelitian menggunakan kuantitatif yang menganalisis data berupa numerik. Dengan objek penelitian 167 BPRS secara nasional, dari laporan keuangan yang diterbitkan oleh bank Syariah, otoritas Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Badan Pusat Statistik. Hasil penelitian membuktikan bahwa Dana Pihak Ketiga, modal disetor,simpanan mudharabah, jumlah rekening nasabah berpengaruh baik terhadap PDB UMKM (Y2),  laba saat ini,Total biaya, biaya promosi, biaya penelitian berpengaruh terhadap ROE (Y1). Secara sederhana dapat disintesis bahwa ekonomi pemodal mampu memberikan pengaruh terhadap ekonomi pelanggan sedangkan ekonomi pelanggan tidak memberikan pengaruh terhadap ekonomi investor.
MAQASHID SYARIAH INDEX (STUDI KASUS BANK MANDIRI SARIAH PERIODE 2015-2017) Ranny Juniarti; Siti Jamilah
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/trd.1.1.43-54

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja Bank Syariah Mandiri (BSM) menggunakan pendekatan maqashid syariah index. penelitian ini menggunakan tiga indikator yaitu pendidikan individual, menciptakan keadilan dan kepentingan publik. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM). Data yang digunakan adalah data sekunder atau data laporan keuangan tahunan Bank Syariah Mandiri periode 2015-2017 yang diperoleh dari website resmi BSM. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Maqashid Syariah Index. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kinerja pendidikan individual tahun 2015 adalah sebesar 0,0044, tahun 2016 adalah 0,0027, dan tahun 2017 adalah 0,0057, (2) kinerja menciptakan keadilan pada tahun 2015 adalah 0,2694, dan pada tahun 2016 dan 2017 adalah 0,2760 dan 0,2859, (3) kinerja kepentingan publik tahun 2015 adalah 0,0159, tahun 2016 dan 2017 adalah sebesar 0,0157 dan 0,0138, (4) hasil penilaian kinerja Bank Syariah Mandiri (BSM) menggunakan pendekatan maqashid syariah index dengan tiga indikator menunjukan kinerja terbaik pada tahun 2017 yaitu sebesar 0,3054, pada tahun 2016 sebesar 0,2943, dan tahun 2015 sebesar 0,2897.
PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI INVESTASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI PASAR MODAL SYARIAH PADA KOMUNITAS INVESTOR SAHAM PEMULA Firdariani Nabilah; Hartutik Tutik
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/trd.1.1.55-67

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari pengetahuan, religiusitas dan motivasi terhadap minat berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 100 responden Anggota Komunitas Investor Saham Pemula Regional Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling, kemudian data diproses menggunakan analisa regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan secara parsial berpengaruh terhadap minat berinvestasi; Religiusitas secara parsial berpengaruh terhadap minat berinvestasi; Motivasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi. Nilai Adjusted R Square nya adalah 0,507, artinya pengetahuan, religiusitas dan motivasi dapat menjelaskan sebesar 50,7% terhadap minat berinvestasi. Sementara sisanya 49,3% dapat dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diuji dalam penelitian ini.
ANALISIS PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN POTENSI WAKAF UANG DI PONDOK PESANTREN DAARUL RAHMAN DEPOK Salsabila Aldana Briliani; Adi Mansah
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/trd.1.1.68-83

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengelolaan dana pendidikan dan potensi wakaf di Pondok Pesantren Daarul Rahman III Depok. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam membahas masalah, pengumpulan data di lapangan digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah sumber dana yang dimiliki pondok pesantren dari Wali Santri, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Jawa Barat, dimana santri mengeluarkan uang setiap bulan dan dialokasikan untuk gaji guru, kebutuhan pesantren, pembangunan, akomodasi, pemeliharaan gedung, kesehatan dan lainnya. Potensi wakaf uang di Pondok Pesantren Daarul Rahman III adalah Rp. 175.060.000 per bulan atau setara dengan Rp. 2.100.720.000 per tahun. Langkah-langkah pelaksanaan uang wakaf untuk pendidikan adalah kelembagaan, pendidikan, pengumpulan uang wakaf dan wakaf lainnya, pengelolaan investasi, pengelolaan bagi hasil. 
PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, DAN YIELD SUKUK RITEL TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SUKUK NEGARA RITEL SERISR-007 DIPASAR SEKUNDER Yadi Nurhayadi; Ummu Salma Al Azizah; Faraz Ayudia Alvarizha
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/trd.1.1.84-98

Abstract

Sukuk Negara Ritel telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak awal di terbitkan. Permintaan investor akan sukuk ritel mengalami pergerakan yang fluktuatif dan dipengaruhi oleh indicator makro ekonomi pada saat penawaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume perdagangan sukuk negara ritel yang diduga dipengaruhi makro ekonomi melalui indikator inflasi dan nilai tukar rupiah serta yield sukuk ritel itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode multiple regression dengan sukuk negara ritel seri SR-007 sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan inflasi, nilai tukar dan yield sukuk ritel memiliki pengaruh signifikan terhadap volume perdagangan sukuk negara ritel seri SR007 dan secara parsial inflasi dan yield berpengaruh secara positif signifikan serta kurs berpengaruh negatif signifikan terhadap volume perdagangan sukuk negara ritelseri SR-007.
ANALISIS PENERAPAN PSAK 109 DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN DI BAZNAS KABUPATEN TASIKMALAYA Ahmad Rokib; Iwan Wisandani; Elis Murhasanah
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/trd.1.2.99-109

Abstract

Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) merupakan lembaga pengelola zakat yang diberikan kepercayaan untuk dapat mengelola dana zakat yang telah dikumpulkan dari muzaki dan mempunyai wewenang untuk menyalurkannya kepada yang berhak dan melaporkan penggunaan dana zakat kepada publik. Lembaga zakat harus menggunakan pembukuan yang benar dan siap diaudit oleh akuntan publik. Jika lembaga zakat belum menerapkan akuntansi zakat, akibatnya akan ada masalah dalam audit dalam laporan keuangan lembaga amil zakat tersebut. Padahal, audit merupakan salah satu hal terpenting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengelola zakat. Yang mana pelaporan keuangan lembaga zakat, infak dan sedekah harus berpedoman pada PSAK 109 tentang zakat, infak dan sedekah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dalam penyusunan laporan keuangan sesuai dengan PSAK 109 yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan  deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data  melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan informan dalam pnelitian yaitu divisi keuangan, divisi penghimpunan dan divisi penyaluran BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen wawancara, reduksi data, analisis data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya telah menerapkan PSAK 109 walaupun dalam proses pencatatan dan hasil laporan keuangnnya tidak semuanya sesuai. Ada beberapa bagian yang  kurang sesuai dengan ketetapan yang ada. Mulai dari pengakuan yang belum sesuai dengan PSAK 109 seperti pengakuan dana non halal, pemisahan antara kas dana zakat, infak dan sedekah, kurangnya kebijakan terkait dengan pengungkapan dana zakat, infak dan sedekah serta kurang sempurnanya.
IMPLEMENTASI PROPHETIC LEADERSHIP PADA UMKM (STUDI KASUS PADA AYAM GEPREK JUARA RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR) Syahid Nashirul Haq; Atiyah Fitri
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/trd.1.2.110-120

Abstract

Prophetic leadership merupakan model kepemimpinan yang didasarkan pada keteladanan perilaku Nabi Muhammad SAW. Itu termasuk salah satu hal yang dibutuhkan dalam memimpin sebuah perusahaan Islam. Penerapan konsep kepemimpinan profetik dapat dilakukan dengan meniru empat karakter Nabi Muhammad SAW, yaitu: shiddiq, âmanah, tabligh, dan faţhonah. Penerapan kepemimpinan profetik menjadikan sumber daya manusia yang dipimpin sejalan dengan keinginan pemimpin dalam mencapai tujuan bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model kepemimpinan profetik pada Perusahaan Ayam Geprek Juara, Rawamangun, Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kepemimpinan profetik dalam Ayam Geprek Juara dilakukan dengan meniru empat karakter Nabi Muhammad SAW, yaitu: shiddiq, âmanah, tabligh, dan fatonah.
PENYALURAN DANA ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK KOTA PADANG (MODEL CIBEST BAZNAS KOTA PADANG) Neng Kamarni; Yogi Saputra
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/trd.1.2.121-133

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perubahan pendapatan mustahik sesudah dan sebelum mendapatkan bantuan dana zakat, serta menganalisis penyaluran dana zakat dalam meningkatkan taraf kesejahteraan mustahik Kota Padang berdasarkan model Cibest. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mustahik yang terdaftar sebagai penerima bantuan zakat produktif pada BAZNAS Kota Padang. Seluruh responden dianalisis berdasarkan klasifikasi CIBEST Indeks, serta dikelompokkan berdasarkan tingkat spiritual dan materialnya. Hasil penelitian menunjukkan, pendistribusian dan pendayagunaan bantuan dana zakat produktif yang diberikan oleh BAZNAS Kota Padang terbukti dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan rumah tangga mustahik serta menurunkan tingkat kemiskinan rumah tangga mustahik. BAZNAS Kota Padang diharapkan menggunakan analisis CIBEST model dalam penentuan mustahiknya. Dimana model CIBEST ini dapat digunakan oleh BAZNAS Kota Padang untuk menentukan kondisi rumah tangga mustahik.
ANALISIS TERHADAP HADIS DASAR HUKUM FATWA DSN NO: 12/DSN-MUI/IV/2000 Munandar Harits Wicaksono
Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/trd.1.2.134-142

Abstract

Utang sudah menjadi hal yang lumrah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Namun karena hanya berupa pinjaman, maka harus dikembalikan. Namun terkadang tidak semua orang bias melakukannya pada waktu yang disepakati. Oleh karena itu, Islam menawarkan solusi berupa akad hawalah. Dewan Syariah Nasional kemudian mengeluarkan fatwa terkait hal tersebut untuk memperkuatnya dengan menyebutkan beberapa hadits sebagai landasan hukumnya. Dengan metode kualitatif dan studi pustaka, penulis mendeskripsikan pemahaman yang dapat diambil dari hadits ini. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa banyak perbedaan pendapat dalam rincian akad hawalah. Kemudian ditemukan juga bahwa salah satu hadits yang dijadikan rujukan tidak memiliki derajat shohih dan hadits tersebut juga tidak mengarah langsung pada akad hawalah.