Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh variabel penentu yang mempengaruhi jumlah pangsa pasar pada bank umu syariah di Indonesia. Adapun variabel yang digunakan yaitu pertumbuhan ekonomi, inflasi, CAR, ROA, dan FDR. Penelitian ini menggunakan metode ARDL dengan pengamatan dari 2014-2022. Berdasarkan hasil uji parsial, pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pangsa pasar. Variabel Inflasi dalam jangka pendek berpengaruh positif dan signifikan terhadap pangsa pasarsedangkan berbeda dengan hasil jangka panjang inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pangsa pasar. Variabel CAR dalam jangka pendek dan jangka panjang memiliki hasil positif dan tidak signifikan. Variabel ROA dalam jangka pendek berpengaruh negatif dan signifikan sedangkan dalam jangka panjang ROA memiliki hasil positif dan tidak signifikan. Variabel FDR dalam jangka pendek berpengaruh positif dan signifikan sedangkan dalam jangka panjang berpengaruh negatif dan signifikan. Secara simultan penelitian ini variabel pertumbuhan ekonomi, inflasi CAR, ROA, dan FDR memiliki pengaruh signifikan. Sedangkan berdasarkan nilai Adj-Square bahwa 97% kemampuan variabel bebas yang digunakan mampu menjelaskan variabel terikat.Kata Kunci:Pangsa Pasar, Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Financing to Deposito Ratio (FDR)
Copyrights © 2024