Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Islam dan Kebangkitan Intelektual dalam Peradaban Melayu: Sebuah Kajian Literatur

Diana Nurjanah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Aliyah Qurrata Aini (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Aisyah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Maryamah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebangkitan intelektual dalam peradaban Melayu melalui perspektif Islam sebagai sistem keagamaan sekaligus epistemologis. Menggunakan pendekatan kajian literatur terhadap artikel-artikel ilmiah, studi ini menyoroti peran transformasional Islam dalam membentuk pola pikir, sistem pendidikan, dan identitas budaya masyarakat Melayu. Temuan menunjukkan bahwa ajaran Islam, yang disebarkan melalui peran ulama dan lembaga pendidikan tradisional seperti surau dan pesantren, berkontribusi signifikan dalam pengembangan intelektualisme Melayu. Diskursus keilmuan Islam di kawasan ini juga menunjukkan kemampuan adaptif terhadap pengaruh kolonialisme dan modernitas, serta terus hidup melalui praktik budaya dan pelestarian warisan keilmuan hingga era kontemporer. Studi ini memperluas pemahaman tentang dinamika peradaban Islam di Asia Tenggara dan menegaskan pentingnya pelestarian pengetahuan Islam lokal di tengah tantangan globalisasi. Namun, keterbatasan penelitian terletak pada belum tergalinya data primer berupa manuskrip klasik dan wawancara dengan pelaku budaya, sehingga studi lanjutan dengan pendekatan filologis dan etnografis sangat direkomendasikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...