Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Rancang Bangun Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website

Umi Kalsum (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Sepriano (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Bastomi Baharsyah (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi sekolah berbasis website di Pondok Pesantren Fathul Ulum 3 guna mendukung pengelolaan data akademik dan administrasi secara lebih efisien dan terintegrasi. Sistem ini dikembangkan sebagai solusi terhadap permasalahan pengolahan data yang masih dilakukan secara manual, yang sering kali menyebabkan keterlambatan informasi, risiko kehilangan data, serta kurangnya transparansi antara pihak sekolah, guru, santri, dan wali santri. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan perangkat lunak dengan model Waterfall, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan database MySQL, serta framework Laravel untuk mendukung pengembangan yang lebih terstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang memiliki fitur-fitur utama seperti manajemen data santri, guru, jadwal pelajaran, nilai, absensi, dan pengumuman. Sistem ini juga menyediakan akses informasi bagi wali santri melalui akun khusus, sehingga komunikasi antara pihak sekolah dan wali dapat berlangsung lebih efektif. Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses administrasi dan akademik di Pondok Pesantren Fathul Ulum 3 menjadi lebih terorganisir, efisien, dan modern, serta mampu mendukung transformasi digital di lingkungan pesantren.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...