Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Kontribusi Kelincahan dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Drilbling Sepak Bola pada Ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau

Agam Saputra (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Indonesia)
Zulkifli Zulkifli (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kelincahan dan kecepatan terhadap kemampuan drilbling sepak bola pada ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau Adapun jenis penelitian ini adalah korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau yang berjumlah 22 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dodging run, tes lari 30 meter, dan tes dribbling bola. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji nilai korelasi ganda dan menghitung nilai kontribusi. (1) Terdapat kontribusi kelincahan terhadap kemampuan dribbling bola pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Bangko dengan nilai rhitung = 0,597 > rtabel = 0,423 dan nilai KD sebesar 35.64%. (2) Terdapat kontribusi kecepatan terhadap kemampuan dribbling bola pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Bangko dengan nilai rhitung = 0,616 > rtabel = 0,423 dan nilai KD sebesar 38.56%. (3) Terdapat kontribusi kelincahan dan kecepatan terhadap kemampuan dribbling bola pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Bangko dengan nilai rhitung = 0,708 > rtabel = 0,423 dan nilai KD sebesar 50.13%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...