Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Dinamika Pola Asuh Strict Parents dan Kepercayaan Diri dalam Berkomunikasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang Angkatan 2023

Sulthaanah Maharani (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Lia Amanda (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Abdurr Razzaq (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Muhammad Yudistira Nugraha (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Kepercayaan diri saat berbicara di hadapan audiens yang besar diduga dipengaruhi oleh pola asuh orang tua sejak dini. Oleh karena itu, penting untuk membangun rasa percaya diri mahasiswa, khususnya dalam hal komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pola asuh otoriter yang diterapkan oleh orang tua berpengaruh terhadap kepercayaan diri mahasiswa dalam berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan terhadap 75 mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2023 di UIN Raden Fatah Palembang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala Likert, dan data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Temuan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengaruh pola asuh terhadap kepercayaan diri mahasiswa dalam berkomunikasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...