Kepercayaan diri saat berbicara di hadapan audiens yang besar diduga dipengaruhi oleh pola asuh orang tua sejak dini. Oleh karena itu, penting untuk membangun rasa percaya diri mahasiswa, khususnya dalam hal komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pola asuh otoriter yang diterapkan oleh orang tua berpengaruh terhadap kepercayaan diri mahasiswa dalam berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan terhadap 75 mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2023 di UIN Raden Fatah Palembang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala Likert, dan data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Temuan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengaruh pola asuh terhadap kepercayaan diri mahasiswa dalam berkomunikasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025