JDM
Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Dinamika Manajemen

Pengaruh Diskon, Voucher, Dan Cashback Terhadap Minat Konsumen Menggunakan Pembayaran Elektronik Shopeepay

Chaterina Teresha (Universitas Jambi)
Andang Fazri (Universitas Jambi)
Musnaini Musnaini (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon, voucher dan cashback terhadap minat konsumen dalam menggunakan pembayaran elektronik ShopeePay. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna pembayaran elektronik ShopeePay. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala semantik differensial. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan diukur menggunakan SPSS 21. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon, voucher dan cashback berpengaruh secara bersama – sama (simultan) terhadap minat konsumen dalam menggunakan pembayaran elektronik ShopeePay dan secara individual (parsial) cashback merupakan variabel yang paling mempengaruhi minat konsumen dalam menggunakan pembayaran elektronik ShopeePay. Konsumen cenderung lebih menyukai promo cashback dalam menggunakan pembayaran elektronik ShopeePay. Hal ini dikarenakan cashback memicu repeat order, dengan kata lain konsumen dapat berhemat apabila ingin membeli produk di lain waktu. Dan hal ini juga memberikan keuntungan bagi peyedia jasa uang elektronik seperti ShopeePay karena konsumen akan berbelanja menggunakan pembayaran elektronik lebih sering untuk menggunakan poin cashback-nya di waktu yang akan datang.

Copyrights © 2022






Journal Info
JDM

Abbrev

jmbp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Dinamika Manajemen adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti yang belum diterbitkan di ...