Iftitiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 1 (2024): IFTITIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini

IMPLEMENTASI ETIKA GURU MENURUT PANDANGAN ISLAM

Fatimatuz Zahra (Sekolah Tinggi Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Artikel ini membahas implementasi etika guru menurut pandangan Islam dalam konteks pendidikan. Pola pikir guru yang berkualitas mempengaruhi cara mereka mengajar dan berinteraksi dengan siswa. Dalam Islam, pendidikan dipandang sebagai ibadah yang membawa manfaat vertikal dan horizontal, yakni mendekatkan diri kepada Tuhan dan memberi dampak positif bagi masyarakat. Beberapa aspek penting yang memengaruhi pola pikir guru termasuk keyakinan terhadap potensi siswa, pemahaman terhadap proses pembelajaran, serta sikap terbuka terhadap perubahan dan kolaborasi. Guru juga diharapkan dapat mengembangkan motivasi siswa dengan menciptakan lingkungan yang mendukung, mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, serta memberikan umpan balik yang konstruktif. Pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan meliputi pembelajaran berbasis proyek, kolaboratif, berbasis masalah, inkuiri, dan aktif, yang bertujuan menciptakan suasana belajar yang lebih holistik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Artikel ini menekankan pentingnya guru sebagai fasilitator yang tidak hanya mengajarkan materi tetapi juga membimbing siswa untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijpiaud

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Nursing Other

Description

IFTITIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini (IJIPIAUD) accepts articles that have never been published in other print media. The scope of IJIPIAUD articles includes: development of moral and religious values, physical motor development, social emotional development, cognitive ...