Indonesia sedang bekerja keras untuk meningkatkan industri pariwisatanya untuk meningkatkan perekonomian negara kepulauan yang luas, Indonesia memiliki banyak potensi pariwisata. Wilayahnya terbentang dari Sabang sampai Marauke.Pariwisata adalah fenomena sosial, ekonomi, politik, budaya, dan teknologi, para ahli dan perencana pembangunan sangat memperhatikan keadaan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana strategi yang di lakukan di wisata alam lestari dalam melakukan pengembangan atraksi, amenitas, aksibilitas dan kelembagaanya untuk menjadi desa wisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, metode kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT serta deskriptif dalam penyajiannya. Hasil penelitian menunjukan setelah menganalisis data data berdasarkan memakai analisis SWOT, menghasilkan 3 strategi pengembangan obyek wisata alam lestari yakni pengembangan produk wisata minat khusus di obyek wisata alam lestari, pengembangan pemasaran obyek wisata alam lestari, pengembangan lingkungan, dan pengelolaan obyek wisata alam lestari. Dari sisi pengembangan produk, pengelola dapat bekerja sama dengan komunitas dan lembaga dinas kepariwisataan, pemerintah desa dan pemerintah daerah. Dalam hal pemasaran, hal yang perlu diperhatikan adalah segmentasi pasar, target pasar, dan posisi pasar.
Copyrights © 2023