cover
Contact Name
Yati Haryati
Contact Email
yatiharyati@syekhnurjati.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
yatiharyati@syekhnurjati.ac.id
Editorial Address
Jl. Perjuangan, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Sharia Tourism and Hospitality
ISSN : -     EISSN : 30309646     DOI : https://doi.org/10.70095/jetour
Core Subject : Economy,
Journal of Sharia Tourism and Hospitality is a scientific publication media that focuses on the topic of tourism in general and tourism that complies with sharia principles. Journal of Sharia Tourism and Hospitality is a forum for researchers, academics, and tourism practitioners to share insights, findings, and innovations related to this topic. The articles published in this journal cover various aspects of sharia tourism and hospitality, such as market analysis, destination management, marketing, travel planning, hospitality, case studies, and reviews of related literature. In addition, the journal also supports the development of conceptual thinking in relation to how sharia tourism and hospitality can contribute to sustainable development and the empowerment of local communities.
Articles 42 Documents
Pengembangan Wisata dan Kunjungan Wisatawan: Efek Pendapatan Masyarakat Sekitar Objek Wisata Waduk Darma Syahbana , Andra Yudhi; Haryati, Yati; Ghozali, Mohamad
Journal of Sharia Tourism and Hospitality Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Tourism and Hospitality
Publisher : Department of Sharia Tourism, Faculty of Islamic Economics and Business UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70095/jetour.v1i1.6

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa variabel pengembangan pariwisata dan kunjungan wisatawan dapat mempengaruhi pendapatan masyarakat sekitar baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif melalui penelitian lapangan yaitu jenis observasi langsung untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan penelitian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 pelaku usaha di wisata Waduk Darma. Sampel diperoleh dengan jumlah responden sebanyak 67 pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengembangan wisata (X1) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan masyarakat sekitar objek wisata Waduk Darma dengan t hitung > t tabel (2,324 > 1,669) dan nilai signifikan 0,023 < 0,05 artinya secara parsial pengembangan wisata telah berpengaruh pada pendapatan. Variabel kunjungan wisatawan (X2) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pendapatan masyarakat sekitar objek wisata Waduk Darma dengan t hitung < t tabel (1,111 < 1,669) dan nilai signifikan 0,271 > 0,05 artinya secara parsial kunjungan wisatawan tidak berpengaruh pada pendapatan. Sedangkan secara simultan perkembangan pariwisata dan kunjungan wisatawan secara bersama-sama mempengaruhi pendapatan masyarakat sekitar objek wisata Waduk Darma dengan nilai F hitung sebesar 7,316 yang lebih besar dari F tabel 3,14 dengan tingkat signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R2) sebesar 0,186 yang artinya menunjukkan bahwa kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 18,6% dan 81,4% dijelaskan oleh faktor lain di luar pengembangan wisata dan kunjungan wisatawan.
Analisis Kualitas Pelayanan Hotel Berprinsip Syariah Menurut Fatwa Dsn Mui 108/2016 Hakim , Jidan Dzulfikar; Khairunnisa, Hafni; Ubaidillah, Ubaidillah
Journal of Sharia Tourism and Hospitality Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Tourism and Hospitality
Publisher : Department of Sharia Tourism, Faculty of Islamic Economics and Business UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70095/jetour.v1i1.9

Abstract

Pariwisata sebagai salah satu penggerak ekonomi negara, tanpa terkecuali di Indonesia. Namun demikian pada kenyataannya, pariwisata mestinya dikembangkan oleh setiap negara karena delapan alasan utama seperti, Pariwisata sebagai faktor pemicu bagi perkembangan ekonomi nasional maupun international pemicu kemakmuran melalui perkembangan komunikasi, transportasi, Akmodasi, jasa-jasa pelayanan lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi kemudian dianalisis. dari hasil penelitian ini, yaitu Larangan check in bagi yang bukan muhrim dengan menerapkan scenning proces pada tamu hotel, Hotel Rizky Syariah menyediakan fasilitas, peralatan, dan sarana yang memadai dalam pelaksanaan Ibadah, Hotel Rizky Syariah tidak menyediakan fasilitas hiburan yang mengarah kepada kemaksiatan seperti Bar, biliard, karoke, kolam berenang, dan sarana terapis. Hotel Rizky Syariah sudah menggunakan akad Ijarah dengan tamu hotel.
Pengembangan Agrowisata Petik Jeruk Segeran Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Ayati, Nufasilul; Setyawan, Edy; Nurkhaerani, Ema
Journal of Sharia Tourism and Hospitality Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Tourism and Hospitality
Publisher : Department of Sharia Tourism, Faculty of Islamic Economics and Business UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70095/jetour.v1i1.11

Abstract

Agrowisata merupakan salah satu pendekatan alternatif berbasis pertanian untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan menggali potensi ekonomi pembangunan pedesaan. Selain itu, manfaat lain dalam pengembangan agrowisata adalah mendapatkan pengetahuan, pemahaman, pengalaman liburan dan hubungan bisnis di sektor pertanian. Indramayu memiliki potensi ekonomi lokal yang berbasis pertanian yaitu berupa tanaman jeruk siam yang dikenal dengan jeruk segeran. Perkebunan jeruk segeran yang dibuat menjadi agrowisata yang menawarkan peluang bisnis yang potensial. Disamping itu perkebunan jeruk segeran dijadikan agrowisata dengan konsep petik buah jeruk langsung untuk menarik wisatawan serta untuk bersaing harganya dengan buah-buah lain di pasaran. Adapun jenis masalah dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan potensi pada pengembangan Agrowisata Petik Jeruk Segeran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, menganalisis strategi pengembangan dan dampak pengembangan Agrowisata Petik Jeruk Segeran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang kemudian ditinjau berdasarkan perspektif ekonomi syariah, dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan Agrowisata Petik Jeruk Segeran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Dalam penelitian ini peneliti akan mencari fakta-fakta dan menganalisis tentang pengembangan Agrowisata Petik Jeruk Segeran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Data ini dapat diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Agrowisata Petik Jeruk Segeran merupakan wisata yang memanfaatkan sektor pertanian atau perkebunan sebagai objek utamanya yang didukung dengan fasilitas lain. Dengan adanya potensi yang dimiliki tersebut berpengaruh pada peningkatan perekonomian masyarakat karena Agrowisata Petik Jeruk Segeran menjual jasa dari obyek dan daya tarik keindahan alam, sekaligus akan menuai hasil dari penjualan budidaya tanaman yang diusahakan di lokasi agrowisata tersebut, sehingga disamping akan memperoleh pendapatan dari sektor jasa sekaligus akan memperoleh pendapatan dari penjualan komoditas.
Pengembangan Objek Wisata Sumur Tujuh Cikajayaan dan Dampaknya terhadap Peningkatan Ekonomi Warga Amalia, Rena; Aziz, Abdul; Syatori, A; Dewi, Ema Wilianti
Journal of Sharia Tourism and Hospitality Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Tourism and Hospitality
Publisher : Department of Sharia Tourism, Faculty of Islamic Economics and Business UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70095/jetour.v1i1.12

Abstract

Peran Pemerintah Desa sangatlah penting dalam kegiatan pengembangan objek wisata karena merupakan salah satu bidang yang dipandang dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian warga setempat. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitataif, sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)objek wisata Sumur Tujuh Cikajayaan merupakan wisata alam dan religi yang ada di Desa Pasawahan yang didalamnya terdapat 7 sumur yang dipercaya memiliki kekuatan dari masing-masing sumurnya. (2) Peran Pemerintah Desa dalam Pengembangan Objek Wisata Sumur Tujuh Cikajayaan sebagai motivator, Pemerintah Desa sebagai pendorong pengembangan objek wisata sumur tujuh cikajayaan sudah cukup baik, karena Pemerintah Desa sudah menjalin komunikasi dengan baik antara pengelola, masyarakat dengan Pemerintah Desa. Peran Pemerintah Desa sebagai fasilitator, belum berjalan secara optimal karena penyediaan sarana dan prasarananya belum memadai, dan selama ini melakukan pembangunan dan perbaikan hasil dari retribusi masuk pengunjung. Peran Pemerintah Desa sebagai Dinamisator, belum cukup baik karena sejak dulu objek wisata Sumur Tujuh hanya dikelola oleh kelompok KomPePar Semar Jaya Pananjung dan bekerjasama dengan masyarakat. dan belum terealisasi dengan baik sehingga belum mampu mengembangkan objek wisata secara maksimal dan optimal. (3) Dampak pengembangan objek wisata sumur tujuh cikajayaan belum optimal oleh Pemerintah Desa, tetapi dengan adanya objek wisata sumur tujuh memberikan peluang bagi masyarakat untuk memiliki pekerjaan dan meningkatnya pendapatan dari sebelumnya.
Daya Tarik dan Travel Cost pada Jumlah Pengunjung Keraton Kasepuhan Cirebon Salim, Salwa Maulidiya Agna; Fasiri, Mawar Jannati Al
Journal of Sharia Tourism and Hospitality Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Tourism and Hospitality
Publisher : Department of Sharia Tourism, Faculty of Islamic Economics and Business UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70095/jetour.v1i1.13

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah daya tarik dan Biaya Perjalanan mempengaruhi jumlah pengunjung di Keraton Kasepuhan Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, observasi berupa wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan, variabel Daya Tarik dan Biaya Perjalanan berpengaruh terhadap Jumlah Pengunjung Keraton Kasepuhan Cirebon. Hal ini dibuktikan pada uji f dengan nilai Fhitung (209,165) > Ftabel (3,09) dan diperoleh nilai signifikan 0,000 (sig.<0,5). Tetapi hasil uji t variabel Daya Tarik diperoleh nilai thitung (-.293) < ttabel (1,661) artinya Daya Tarik tidak berpengaruh terhadap Jumlah Pengunjung Keraton Kasepuhan Cirebon. Kemudian hasil uji t variabel Biaya Perjalanan diperoleh nilai thitung 9.234 lebih besar dari ttabel = (9.234 > 1,661) artinya terdapat pengaruh Biaya Perjalanan terhadap Jumlah Pengunjung Keraton Kasepuhan Cirebon. Ketika seseorang tertarik mengunjungi sebuah destinasi wisata karena daya tarik yang dimiliki oleh tempat tersebut, tetapi kemampuan untuk membayar mereka belum menyanggupi untuk mengunjunginya, otomatis mereka belum bisa mendatangi tempat tersebut. Itulah mengapa pada penelitian ini Daya Tarik tidak berpengaruh secara positif terhadap jumlah pengunjung Keraton Kasepuhan Cirebon, sedangkan Biaya Perjalanan lebih berpengaruh positif terhadap Jumlah Pengunjung Keraton Kasepuhan Cirebon
Ekonomi Kreatif dan Pariwisata pada Objek Wisata Telaga Biru: Studi Kasus Rahmah, Vicky Silva; Layaman, Layaman; Setyowati, Nur Eka; Apriansyah, Robin
Journal of Sharia Tourism and Hospitality Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Tourism and Hospitality
Publisher : Department of Sharia Tourism, Faculty of Islamic Economics and Business UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70095/jetour.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjawab pernyataan-pernyataan yang menjadi rumusan masalah, yaitu menganalisis apakah ekonomi kreatif dan pariwisata berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdagang di kawasan wisata lalaga biru dan masyarakat yang berdagang di luar kawasan wisata lalaga biru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, hipotesis berupa uji T dan uji F yang diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS v.25. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel Ekonomi Kreatif berpengaruh dan signifikan terhadap pendapatan masyarakat dengan nilai p-value (Sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu 2.044 >2.00575 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Variabel Pariwisata mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap pendapatan masyarakat dengan p-value (Sig < 0,05 yaitu 0,025 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu 8,422 > 2,00575 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 3) Variabel Kreatif dan Pariwisata mempunyai pengaruh yang signifikan dan signifikan terhadap pendapatan masyarakat, nilai f hitung f tabel 3,172 (df = 55-2) dengan nilai probabilitas atau sig. = 0,000 < 0,05 berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Peningkatan Pendapatan Asli Desa dan Ekonomi Masyarakat dari Pengelolalaan Wisata Bahari Micil oleh Pemerintah Desa U'lya, U'lya; Ali, Mahrun Nisa; Rizki, Akhdan
Journal of Sharia Tourism and Hospitality Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Tourism and Hospitality
Publisher : Department of Sharia Tourism, Faculty of Islamic Economics and Business UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70095/jetour.v1i1.16

Abstract

Negara Indonesia khususnya di daerah Jawa Barat adalah daerah yang memiliki beragam keunikan desa dan keindahan alamnya yang dapat dikembangkan menjadi pariwisata. Seperti di Desa Grogol yang terletak di Kabupaten Cirebon memilik potensi wisata Bahari yang dapat dikembangkan melalui destinasi-destinasi wisata Bahari Micil seperti adanya rekreasi laut, pengelolaan taman hutan mangrove, wisata perahu, dll. Yang terpenting dalam keberhasilan pengembangan dan pengelolaan pariwisata adalah peran pemerintah setempat. Perkembangan dan pertumbuhan pariwisata sangat perlu diperhatikan secara intens oleh pemerintah agar perkembangannya tetap sejalan dengan daya dukungannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analilisis deskriptif dan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil menunjukan bahwa peran pemerintah Desa dalam Pengembangan objek Wisata Bahari MICIL di Desa Grogol Kabupaten Cirebon belum maksimal, tiga indikator tersebut berjalan dengan baik namun belum bisa dikatakan maksimal untuk pengembangan objek Wisata Bahari MICIL, karena dalam motivator belum maksimal adanya kekurangan peran pemerintah desa. Peran mobilisator dan fasilitator Kepala desa telah berperan aktif pengembangan pariwisata.
Strategi Pengembangan UMKM di Toko Baju Pantai Batukaras Pangandaran Berbasis Ekonomi Kreatif Wulandari, Fitri; Permana, Candra; Febriyani, Winna
Journal of Sharia Tourism and Hospitality Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Tourism and Hospitality
Publisher : Department of Sharia Tourism, Faculty of Islamic Economics and Business UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70095/jetour.v1i1.17

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan usaha mikro kecil menengah berbasis ekonomi kreatif di Pantai Batukaras, untuk mengetahui strategi pengembangan usaha mikro kecil menengah berbasis ekonomi kreatif usaha toko pakaian di pantai Batukaras dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. pendapatan dan untuk mengetahui faktor penghambat pengembangan usaha mikro kecil menengah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya bagi pemilik dan karyawan toko pakaian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus dan menggunakan teknik penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknis analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman menggunakan empat jalur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari strategi yang digunakan untuk mengembangkan usaha yaitu mengandalkan strategi pengembangan produk, ide kreatif seperti membuat baju pantai dengan berbagai jenis dan selalu berganti model baju setiap musim sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen atau pengunjung wisata baik untuk digunakan maupun dibuat dengan tangan. Hal ini dapat diartikan bahwa pendapatan pemilik dan karyawan toko pakaian tersebut meningkat. Sedangkan faktor penghambat dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah dan pendapatan masyarakat khususnya bagi pemilik dan karyawan toko pakaian adalah pemasaran, operasional, pengalaman dengan kreatifitas, keterampilan kerja, dan modal yang digunakan. Namun kendala tersebut dapat dihindari dengan mengandalkan strategi yang baik dan tepat.
Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisatawan pada Objek Wisata Kebon Jati Kabupatan Cirebon Putri, Dara Puspa Dwi; Yanuar, Ivo Dinasta; Nurhidayat, Siti Azzahra
Journal of Sharia Tourism and Hospitality Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Tourism and Hospitality
Publisher : Department of Sharia Tourism, Faculty of Islamic Economics and Business UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70095/jetour.v1i1.18

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu strategi promosi yang belum dilakukan secara maksimal pada Objek Wisata Kebon Jati. Hal ini terbukti tidak ada peningkatan pengunjung yang signifikan. Padahal di zaman sekarang ini sangat diperlukan pada objek wisata untuk mempromosikan objek wisata secara maksimal seperti pengelola dapat mempromosikan secara rajin di media sosial yang pastinya saat ini semua orang menggunakan media sosial itu akan berdampak pada minat berkunjung wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa penting strategi promosi pada objek wisata kebon jati di Desa Ciledug Wetan dan dampak dari strategi promosi terhadap peningkatan daya tarik minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi promosi Objek Wisata Kebon Jati belum maksimal. Strategi promosi yang dimiliki Objek Wisata Kebon Jati ini yaitu strategi langsung dengan membangikan brosur kepada masyarakat selain itu promosi dilakukan juga melalui media sosial. Namun sayangnya tidak melakukan secara maksimal. Padahal dampak dari promosi melalui media sosial sangatlah cepat menyebar dalam menyampaikan informasi apapun. Alasan karena tidak memiliki orang dibidang teknologi informasi. Meskipun demikian Objek Wisata Kebon Jati terus melakukan pengembangan objek wisata seperti dengan bertambahnya spot foto yang beragam, diperluasnya lahan parkir dan pedagang.
Analisis Pengembangan Wisata Baru Sideland melalui 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) Sukmawati, Eli; Nakhwatunnisa, Haulah; Wibicakso, Norman
Journal of Sharia Tourism and Hospitality Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Tourism and Hospitality
Publisher : Department of Sharia Tourism, Faculty of Islamic Economics and Business UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70095/jetour.v1i1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui secara dalam penerapan 3A pariwisata untuk mengetahui pengembangan wisata Sideland. Untuk dapat meningkatkan potensi pariwisatanya, yang perlu dilakukan adalah merencanakan pengembangan wisata agar dapat lebih baik dari sebelumnya. Konsep 3A (atraksi, amenitas dan aksesibilitas) merupakan syarat bagi pengembangan sebuah destinasi wisata. Setiap desatinasi wisata pasti mempunyai keunikan dan ciri khasnya masing masing yang menjadikan daya tarik wisata. Dilain sisi, faktor amenitas dan aksesibilitas akan menjadi kunci bagi keberlangsungan wisatawan dalam menikmati pengalaman berwisata. Ketiga konsep tersebut memiliki peran penting dalam membangun pengalaman berwisata yang nyaman serta memenuhi kebutuhan wisatawan. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitataif, sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Wisata Sideland merupakan wisata kolam renang yang dibangun yang ada di Desa Kaduela yang terdapat 5 kolam renang dengan pemandangan alam dan persawahan. (2) melalui komponen 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilita) mampu menjawab pengembangan wisata yang layak dan upaya mengatasi tantangan sekaligus peningkatan nilai tambah suatu tempat/produk. (3) Dampak pengembangan wisata Sideland belum optimal, tetapi dengan adanya wisata Sideland memberikan peluang bagi masyarakat untuk memiliki pekerjaan dan meningkatnya pendapatan dari sebelumnya.