Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan MIPA

Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa

Kirana Dewi, Brigita Ayu (Unknown)
Caswita, Caswita Caswita (Unknown)
Widyastuti, Widyastuti Widyastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2017

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Efikasi Diri Matematika Siswa . Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Bandarlampung tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 299 siswa yang komprehensif dalam sepuluh kelas. Siswa kelas VIII B sebanyak 28 siswa dan kelas VIII C sebanyak 31 siswa yang dipilih sebagai sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kelompok kontrol pretest-posttest. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari tes pemecahan masalah matematika dan skala efikasi diri. Data dianalisis menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney dengan . Hasil analisis data diketahui bahwa telah terjadi perubahan kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa. Perubahan tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan data keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa melalui model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan data keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa melalui model pembelajaran penemuan tidak terbimbing. Dengan demikian, model pembelajaran yang terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri matematis siswa.Kata Kunci: penemuan pembelajaran terbimbing, pemecahan masalah matematika, efikasi diriDOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v18i2.pp13-25

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpmipa

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan MIPA (JPMIPA) focused on mathematics education, science education, and the use of technology in the educational field. In more detail, the scope of interest are, but not limited to: STEM/STEAM Education Environmental and Sustainability Education Scientific Literacy Computer-based ...