Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2022

PENGARUH METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 PEKANBARU

Oktari, Dessy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Resource BasedLearning( RBL) hasil belajar IPS, yang dilaksanakan di SDN 56 pekanbaru padasemester genap TA 2022/2023 dengan subjek siswa kelas kontrol IV A 11 orangsiswa dan kelas eksperimen IV B 11 orang siswa. Bentuk penelitian inieksperimen-group prettest-posttest dengan menerapkan model pembelajaranResource Based Learning (RBL). Masalah dari penelitian ini adalah rendahnyahasil belajar IPS siswa kelas IV SD negeri 56 pekanbaru, hal ini terlihat dari hasilprestes. Instrumen pada penelitian ini soal prettest dan posttest. Dari hasilanalisis data diperoleh data hasil belajar IPS siswa kelas IV SD negeri 56pekanbaru tergolong rendah. Solusi untuk memperbaiki masalah tersebut yaitudengan menerapkan metode Resource Based Learning (RBL). Berdasarkan hasilpenelitian diperoleh hasil yang baik dan positif untuk penerapan metode ResourceBased Learning (RBL) dalam pelajaran IPS. Hasil analisis data diperoleh skorrata – rata presttest kelas kontrol 59,54% dan kelas eksperimen 61,81%sedangkan pada posttest kelas kontrol 75,90 % dan kelas eksperimen 86,36%.Hasil data uji t didapat perbedaan yang signifikan antaran kelas kontrol daneksperimen setelah diberikan perlakuan dengan penerapan metode ResourceBased Learning (RBL) terhadap peningkatan hasil belajar IPS

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...