Jurnal kiprah pendidikan
Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action research, and theoretical studies that contribute to educational science and practice. Jurnal Kiprah Pendidikan is published by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau. First published in 2022, the journal is issued quarterly in January, April, July, and October. The journal welcomes contributions from educators, researchers, practitioners, and academics from around the world, regardless of nationality. It features articles that explore issues in education and teaching across all educational levels, including primary, secondary, and higher education. Manuscripts may consist of original research, theoretical discussions, classroom action research, or developmental studies that provide insights into pedagogical strategies, learning processes, curriculum innovation, and educational policy. Topics covered include, but are not limited to: (1) Social Sciences Education, (2) Mathematics Education, (3) Language and Literacy Education, (4) Science Education, (5) Arts and Culture in Education, (6) Early Childhood Education, (7) Civic and Moral Education, (8) Religious Education, (9) Physical and Health Education, (10) General Pedagogy, (11) Educational Psychology, (12) Learning Media and Technology, (13) Educational Management and Leadership, (14) Curriculum and Instruction, (15) Music and Arts Education, (16) Economics and Financial Literacy Education.
Articles
171 Documents
ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM NOVEL “SECRET KINGDOM PULAU AWAN ” KARYA ROSIE BANKS
Marsalina, Roza;
Zufriady;
Mulyani, Eva Astuti;
Permana, Dede
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/kpd.v1i1.6
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Novel Secret Kingdom Pulau Awan karya Rosie Banks. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang ingin mendeskripsikan wujud nilai karakter. Metode yang digunakan dalam kajian ini dijabarkan kedalam langkah-langkah sesuai dengan tahapan pelaksanaannya, yaitu (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, (3) tahap penyajian analisis data. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan oleh peneliti dalam Pengumpulan data di lakukan dengan teknik baca dan catat. Teknik membaca dilakukan dengan membaca novel secret kingdom karya Rosie Banks. Pada mulanya di lakukan pembacaan keseluruhan terhadap novel tersebut dengan tujuan untuk mengetahui identifikasi secara umum. Setelah itu dilakukan pembacaan secara cermat dan menginterpretasikan unsur pendidikan karakter dalam novel tersebut. Setelah membaca cermat di lakukan pencatatan langkah berikutnya adalah pencatatan yang dilakukan dengan mencatat kutipan secara langsung atau biasa disebut verbatim dari novel yang di teliti.
PENGARUH METODE SPEED READING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 145 PEKANBARU
Firman, Desti Yolanda;
Kurniaman, Otang;
Witri, Gustimal;
Sari, Intan Kartika
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/kpd.v1i1.7
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh membaca pemahaman sebelum dan sesudah dengan menerapkan Metode Speed Reading. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen jenis desain One Grup Pretest-Postest Design, yaitu eksperimen yang dilakukan terhadap satu kelompok saja, tanpa ada pembanding. Penelitian ini dilakukan di SDN 145 Pekanbaru kelas V yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) sebesar 57,54 sedangkan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (posttest) sebesar 81,58 serta nilai rata-rata gain sebesar 0,61 yang merupakan interpretasi sedang, serta hasil uji hipotesis menggunkan uji-t dengan thitung = 13,89 dan ttabel =2,0374 maka disimpulkan thitung > ttabel , maka tolak H0 artinya signifikan. Ini berarti terdapat pengaruh keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 145 Pekanbaru antara sebelum (pretest) dan sesudah (postest) menerapkan Metode Speed Reading . Hal ini menunjukkan bahwa Metode Speed Reading berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 145 Pekanbaru.
PENGEMBANGAN MODUL DARING BERBASIS OPEN ENDED LEARNING MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR
Putri, Vynia Martharisha;
Amrina, Zulfa
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/kpd.v1i1.8
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul daring berbasis open ended learning yang valid dan praktis pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini model pengembangan dibatasi menjadi 3-D dengan tahapan yaitu: define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Data dikumpulkan melalui angket validitas dan praktikalitas. Rancangan modul yang telah dirancang divalidasi oleh tiga ahli, sedangkan uji praktikalitas didapat dari respon pendidik dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Analisis data validitas menunjukkan bahwa modul daring yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan persentase kevalidan 90,62%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa modul daring yang dihasilkan dalam kategori praktis dengan persentase 86,11% oleh pendidik, dan 91,11% oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul daring berbasis open ended learning pada materi keliling dan luas bangun datar memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar.
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA MELALUI VOICE NOTE SEBAGAI MEDIA DISKUSI
Nurani, Dwi Cahaya;
Rahardjo, Agung Supardjo Budi;
Adikara, Fahmi Surya
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/kpd.v1i1.9
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan Berbahasa Indonesia siswa melalui penggunaan voice note pada platform Whatsapp sebagai media diskusi pada siswa kelas III SD Negeri Proyonanggan 01 tahun ajaran 2020/2021. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Validitas data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta validitas isi. Teknis analisis data adalah analisis interaktif, teknik deskriptif komparatif, dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan voice note pada platform Whatsapp dapat meningkatkan keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa. Peningkatan keterampilan Berbahasa Indonesia siswa tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan Berbahasa Indonesia pada setiap siklus, yaitu nilai rata-rata keterampilan Berbahasa Indonesia siswa pada pratindakan hanya sebesar 69,8. Setekah mendapatkan tindakan di siklus I rata-rata kelas menjadi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,1. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 30 siswa (90,90%) dari jumlah siswa seluruhnya. Hal ini membuktikan bahwa indikator kinerja penelitian, yaitu ketercapaian KKM ≥75 sebanyak 80% telah terpenuhi. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan voice note pada platform Whatsapp sebagai media diskusi dapat meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Proyonanggan 01 tahun ajaran 2020/2021.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR
Afifah, Nur;
Kurniaman, Otang;
Noviana, Eddy
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/kpd.v1i1.24
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument pengumpulan data uji validasi dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, praktisi, dan tanggapan siswa kelas III Sekolah Dasar. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan di SD Al-Furqon Islamic School Pekanbaru. Hasil validasi media pembelajaran interaktif mendapatkan persentase kelayakan sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”, dari hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 100% dengan kategori “Sangat Layak”, dari hasil validasi ahli bahasa mendapatkan persentase 92% dengan kategori “Sangat Layak”, dari hasil validasi praktisi I mendapatkan persentase 95% dengan kategori “Sangat Layak”, dari hasil validasi praktisi II mendapatkan persentase 96% dengan kategori “Sangat Layak”, dari hasil uji coba satu-satu dengan 3 orang siswa mendapatkan persentase 83,33% dengan kategori “Sangat Layak”, dan dari hasil uji coba terbatas dengan 8 orang siswa mendapatkan persentase 89,7% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Dongeng kelas III Sekolah Dasar di SD Al-Furqon Islamic School Pekanbaru.
HAKIKAT, TUJUAN DAN KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN IPS YANG BERMAKNA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Hopeman, Teofilus Ardian;
Hidayah, Nur;
Anggraeni, Winda Arum
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/kpd.v1i3.25
Pada hakikatnya pembelajaran IPS sangat penting diajarkan kepada siswa sejak mereka menempuh pendidikan dasar. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya siswa yang masih belum memahami sepenuhnya setiap materi yang diajarkan pada pelajaran IPS Pada era revolusi 4.0 diharapkan pendidik dapat menfasilitasi peserta didik untuk dapat berpikir kritis terhadap masalah sosial dan kehidupansosial, kreatif dalam menanggapi hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sosial, pendidik mampu mengarahkan peserta didik untuk berdiskusi terhadap sesama dan juga melakukan kerja sama untuk menanggapi hal-hal dalam kehidupan bermasyarakat. Pembelajaran IPS pada tingkat sekolah dasar (SD) harus dibelajarkan kepeserta didik secara kontruktivis.terdapat 5 (lima) metode yang dapat diajarkan pada pembelajaran IPS antara lain cooperative based learning, design based learning, inquiry based learning, project based learning, dan problem based learning. Metode yang digunakan pada penilitian ini berupa kajian pustaka.
PENTINGNYA MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
Suranto, Dwi Iwan;
Annur, Saipul;
Ibrahim;
Afif Alfiyanto
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/kpd.v1i2.26
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana prasarana sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal itu dapat dilihat dari 1) pengertian sarana prasarana, yaitu sarana dan prasarana mempunyai fungsi dan peran dalam pencapaian kegiatan pembelajaran sesuai kurikulum satuan pendidikan; 2) pengertian manajemen sarana prasarana, yaitu sarana dan prasarana didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran di sekolah: 3) prinsip-prinsip manajemen sarana prasarana, yaitu a) prinsip percapaian tujuan, b) prinsip efisiensi, c) prinsip administratif, d) prinsip kejelasan tanggung jawab, dam e) prisip kekohesifan; 4) proses manajemen sarana prasarana, yaitu proses perencanaan, pengadaan, penggunaan, inventarisasi, pemeliharaan, dan penghapusan; dan 5) sarana prasarana dan peningkatan mutu pendidikan, yaitu sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai akan mampu meningkatkan mutu pendidikan sekolah.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG TRIGONOMETRI MELALUI METODE JIGSAW BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID
Hermanto;
Sukmarini, Mita Akbar
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/kpd.v1i2.28
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui media pembelajaran berbasis android yang efektif untuk meningkatakan hasil belajar peserta didik pada pembahasan trigonometri menggunakan metode jigsaw. Metode penelitian menggunakan metode komparasi dan eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelasiXIa sebagaiikelas kontrolidan kelasiXId sebagaiikelasieksperimen, dimanaimasing-masing kelas terdiri dari 25 peserta didik. Pertemuan yang dilaksanakan yaitu 6 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran jigsaw menggunakan mediaiberbasis android untukikelas Eksperimenidan metode konvensional untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yaitu maka semua kelas di nyatakan homogen dan dengan nilai 12.28 1.978. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan jigsaw. Hal ini dikarenakan penggunaan media android pada metode jigsaw lebih menarik minat dibandingan dengan menggunakan metodeikonvensional. Sehingga penggunakan metode jigsaw berbantu android akan lebih efektif dalam proses pembelajaran matematika.
STUDI ETNOBOTANI MASYARAKAT SUKU USING KABUPATEN BANYUWANGI PEWARNA ALAMI UNTUK MATA KULIAH ETNOBOTANI
Ridianingsih, Dwi Swastanti;
Aini, Meliyana
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/kpd.v1i2.29
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dalam pembelajaran etnobotani. Jenis penelitian adalah penelitian studi Etnobotani yang dilakukan melalui survei lapangan dengan dua tahap yaitu, metode observatif (penentuan responden) dan survei Eksploratif (kegiatan wawancara). Penelitian studi Etnobotani Masyarakat Using ini diharapkan menjadi solusi dalam pembelajaran Etnobotani di Perguruan Tinggi. Hasil penelitian studi Etnobotani untuk pewarna alami didapatkan 12 spesies tumbuhan dari sembilan Famili antara lain: Zingiberaceae, Pandanaceae, Cactaceae, Mussaceae, Poaceae, Verbenaceae, Euphorbiaceae, Rubiaceae, Arecaceae. Beberapa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Suku Using Kabupaten Banyuwangi, dengan adanya penelitian ini sangat bermanfaat dalam pengenalan nama ilmiah tumbuhan, dan klasifikasi tumbuhan bermanfaat khususnya pada pembelajaran dikelas, sehingga mahasiswa tidak hanya mengerti manfaatnya saja tetapi mereka juga mengerti klasifikasi dari tumbuhanan tersebut.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI SOAL OPEN-ENDED
Wahyuni, Diah;
Palupi, Bening Sri
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/kpd.v1i2.30
Keterampilan berpikir kreatif matematis menjadi modal utama bagi individu dalam menghadapi perkembangan abad 21. Kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui kurikulum 2013 juga memberi fokus pada ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN 1 Beran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes melalui soal open-ended. Analisis interaktif Milles & Huberman digunakan untuk menganalisis data. Teknik uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kreatif matematis siswa di sekolah tersebut berada pada tingkat 2 (cukup kreatif).