Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2022

PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISME DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

Mar'ati Fajrin (Unknown)
Rustini, Tina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dalam upaya untuk meningkatkan interaksi sosial anak autisme di sekolah dasar inklusif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar dan anak autisme yang bersekolah di sekolah inklusif, tepatnya di SDN 01 Kayu Manis, Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru adalah dengan memperlihatkan pengertian, rasa empati, kasih sayang, dan kesabaran dalam berkomunikasi dengan anak autisme. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri dan rasa ingin berbaur anak autisme dengan lingkungan sekitarnya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...