Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2023

PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI MTS KHAIRUDDIN GONDANGLEGI

Al Maida, Nur (Unknown)
Silvi, Zahrotus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs Khairuddin, Gondanglegi, Malang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Khairuddin sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan rata-rata mendapatkan nilai minimal angket motivasi belajar 75 dengan 3 orang siswa tuntas dan 10 orang siswa tidak tuntas dengan persentase nilai 69 pada siklus I dan 11 orang tuntas dengan presentase nilai 78,46 pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII MTs Khairuddin, Gondanglegi, Malang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...