Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2024

Hambatan Guru Pada Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar

Azmi, Nabilah Nur (Unknown)
Sari, Irma Yunita (Unknown)
Prayogo, Muhammad Suwignyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya hambatan yang dihadapi oleh guru pada pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja hambatan yang telah dihadapi oleh guru pada pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di Sekolah Dasar dan bagaimana solusinya. Tujuan dari penelitian ini memanfaatkan studi dokumen dan hasil penelitian sebelumnya. Data dikumpulkan melalui penelusuran jurnal elektronik seperti internet dan Google Scholar dengan kata kunci terfokus pada implementasi guru dalam menghadapi kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik terjadi dalam tiga tahapan yakni pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam menghadapi semua hambatan yang ada, diperlukan kerjasama dan komunikasi yang baik antara semua komponen pendidikan agar hambatan dapat diatasi dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...