Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2024

Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 164 Pekanbaru

Yulianti, Elsi (Unknown)
Antosa, Zariul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan dan solusi yang dilakukan guru ketika mengalami kesulitan pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia secara daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan yang dialami oleh guru pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia secara daring yaitu gangguan jaringan pada peserta didik, peserta didik masih memiliki keterbatasan fasilitas terutama HP, ditemukannya peserta didik yang sulit dalam memahami pembelajaran, guru mengalami kesulitan fokus saat pembelajaran karena waktu yang singkat dan juga antusias peserta didik yang tergolong rendah, ditemukannya peserta didik yang tidak dibimbing oleh kedua orang tua pada saat pembelajaran, ada juga peserta didik yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, guru masih kurang maksimal dalam menggunakan metode pembelajaran, dan minimnya kemampuan dalam pengoptimalan aplikasi pembelajaran daring. Untuk meminimalisir kesulitan yang dialami guru tetap menyediakan tugas offline, melakukan komunikasi terus menerus atau secara rutin kepada orang tua peserta didik, sharing hiring kepada guru dan peserta didik lainnya, dan mengikuti pelatihan menggunakan teknologi atau aplikasi yang dapat digunakan pada saat pembelajaran secara daring

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...