Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2025

Analisis Peningkatan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Berbantuan Audible Books

Astuti, Dewi (Unknown)
Alim, Jesi Alexander (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan literasi matematis siswa sekolah dasar berbantuan Audible books dalam proses pembelajaran. Literasi matematis merupakan kemampuan siswa dalam memahami, menginterpretasi, dan menerapkan konsep matematika dalam berbagai konteks kehidupan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain pretest-posttest control group design yang dilakukan di SD Negeri 14 Bathin Solapan, pada siswa kelas II dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Audible books dan kelas kontrol pada pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes literasi matematis yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data setelah perlakuan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil pre-test dan post-test sebesar 26,21 serta perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian, Hₐ diterima dan H₀ ditolak, yang berarti penggunaan Audible books dalam pembelajaran matematika memberikan peningkatan yang signifikan terhadap literasi matematis siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...