E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 16, No 1 (2025): E-DIMAS

Membangun Wellbeing dalam Ekosistem Sekolah Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dengan Model Lesson Study

Muhamad Burhanudin (Universitas Negeri Semarang)
Qurrota Ayu Neina (Universitas Negeri Semarang)
Diyamon Prasandha (Universitas Negeri Semarang)
Ismawati Ismawati (Universitas Negeri Semarang)
Dyah Ayu Widyawati Cahyono Putri (Universitas Negeri Semarang)
Alisia Nilam Sekar Ayu (Universitas Negeri Semarang)
Yuni Sagita (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Sebagai salah satu bentuk konsekuensi dalam membangun wellbeing dalam ekosistem sekolah,  guru harus berorientasi, berkolaborasi, dan berupaya melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Akan tetapi, banyak guru yang belum bisa melakukan PKB, baik berupa kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah, maupun karya inovatif. Padahal, kegiatan penulisan artikel ilmiah ini adalah salah satu bentuk pengembangan diri bagi guru untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dalam mengukuhkan perannya sebagai guru profesional. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya yang lebih komprehensif untuk dapat membangkitkan semangat guru melakukan penelitian dan menuangkannya dalam bentuk artikel dengan membuat sebuah komunitas belajar yang mampu menjadi inisiasi dalam membentuk ekosistem sekolah yang mengutamakan wellbeing menuju profesionalisme guru yang lebih baik melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah dengan model lesson study di SMP N 9 Salatiga. Melalui pelatihan ini, guru-guru tidak hanya meningkatkan kompetensi profesional mereka dalam menulis dan melakukan penelitian ilmiah, tetapi juga berhasil menerapkan praktik pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif di kelas. Secara keseluruhan, pelatihan ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana peningkatan kompetensi akademik, tetapi juga sebagai fondasi penting dalam membangun kesejahteraan yang menyeluruh di sekolah, menciptakan dampak jangka panjang bagi perkembangan siswa, guru, dan komunitas sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...