Masalah utama dalam peneltian ini yaitu bagaimana meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mandai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita menggunakan model group investigation pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mandai. Jenis peneltian ini adalah jenis penilitian tindakan kelas. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke Siklus II yaitu meningkatnya jumlah siswa dalam menyimak penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, kerjasama dalam kelompok dan mengajukan tanggapan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 69,2% dan pada siklus II sebesar 83,58%. Sehingga penerapan model group investigation dapat meningkatkan frekuensi keaktifan dan aktifitas dalam proses belajar mengajar sesuai dengan pengamatan siswa selama pelaksanaan peneltian tindakan kelas cukup dua siklus.
Copyrights © 2023