Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Media Animasi Kartun pada mata pelajaran menulis paragraf narasi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan media animasi kartun untuk meningkatkan hasil belajar menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dimana disetiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan.Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar yang terdiri atas 22 Siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan Siklus II dengan target ketuntasan minimal, yaitu 75,00. Nilai rata-rata siswa dari siklus I sebesar 40,90, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,27 persen. Keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari jumlah ketuntasan siklus I sebesar 40,90 persen, dan siklus II meningkat menjadi 77,27 persen. Perilaku siswa juga mengalami perubahan yang positif selama mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi melalui media animasi kartun.Siswa lebih aktif dan tertarik untuk belajar menulis paragraf narasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut , guru Bahasa Indonesia disarankan untuk menggunakan media animasi kartun dalam pembelajaran menulis paragraf narasi.
Copyrights © 2021