AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Vol. 1 No. 2 (2022): DESEMBER-JANUARI TAHUN 2022

STUDI KASUS: KESULITAN MEMBACA SISWA SMP KELAS VII (INKLUSI X TARAKAN)

Ilham, Muhammad (Unknown)
Sukri Ahmad, Muhammad (Unknown)
Ani Wijiati, Iva (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pengamatan guru Bahasa Indonesia terhadap siswa yang memiliki kesulitan dalam membaca. Kasus ini terlihat ketika sedang proses pembelajaran. Saat guru meminta siswa tersebut untuk membaca justru siswa tersebut terlihat gugup dan merasa ketakutan.Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini untuk memberikan bantuan penyembuhan mengenai kesulitan membaca yang dialami oleh siswa X. Di antaranya identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, remedial dan evaluasi. Hasil penelitian studi kasus ini menunjukkan (1) kesulitan membaca yang dialami oleh siswa X karena faktor kurangnya motivasi siswa untuk belajaran (2) kurangnya perhatian atau motivasi orang-orang di sekitarnya terhadap peningkatan kempauan membaca siswa X (3) orang tua siswa X terlalu sibuk bekerja sehingga tidak sempat memerhatikan siswa X tersebut (4) sejak duduk di sekolah dasar siswa X tersebut sudah tinggal bersama kakek dan neneknya sehingga menambah anak tersebut tidak memerhatikan pelajarannya (5) siswa X. Sehingga siswa X tersebut (1) memerlukan motivasi dari orang orang di sekitarnya (2) haus menggunakanpendekatan, pelayanan, metode pembelajaran yan tepat agar siswa X tersebut tidak merasa terbebani dalam proses pemebajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AUFKLARUNG

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is published by Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is published 6 (six) times a year in November (October-November ...