Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tugas resensi terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa pada Sekolah Dasar. Pentingnya bagi siswa memiliki keterampilan membaca dan menulis, khususnya pada siswa sekolah dasar dalam mendukung kemampuan dalam pembelajaran Bahasa. Penelitian ini didesain sebagai penelitian kuantitatif, yang berupaya mengujicobakan kegiatan tugas resensi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Data dalam penelitian ini bersumber dari murid kelas IV, V, dan VI SD 008 Rante tanete, Mamasa tahun pelajaran 2021/2022. Untuk mengetahui pengaruh kegiatan tugas resensi terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis tentu saja harus diujicobakan dalam penerapan di kelas. Uji coba yang dilakukan terhadap strategi ini yaitu, membandingkan kemampuan menulis siswa sebelum dan sesudah tugas resensi dilakukan. Hasil yang diperoleh sebelum dan sesudah kegiatan dibandingkan dangan menggunakan perhitungan statistik inferensial dengan perbedaan dua rata-rata menggunakan analisis uji ‘t’ dengan bantuan aplikasi komputer MS Excel-statistica. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan tugas resensi berpengaruh terhdap kemampuan membaca siswa SD 009 Rantetanete Kabupaten Mamasa. Hal ini terlihat dari hasil analisis data diperoleh nilai “t” stat adalah 5,945912704 sedangkan nilai t Critical two-tail adalah 1,99045021 maka dapat dijelaskan nilai stat lebih besar daripada nilai t Critical two-tail (stat: 5,945912704 > t Critical two-tail: 1,99045021) pada taraf signifikan 0,05. 2) Penerapan tugas resensi berpengaruh meningkatkan kemampuan menulis siswa SD 009 Rantetanete Kabupaten Mamasa pada taraf kepecayaan 95%. Hal ini terlihat dari hasil analisis data diperoleh nilai “t” stat adalah analisis data diperoleh nilai “t” stat adalah 3,597040716 sedangkan nilai t Critical two-tail adalah 1,95045021 maka dapat dijelaskan nilai stat lebih besar daripada nilai t Critical two-tail (stat: 3,597040716 > t Critical two-tail: 1,95045021) pada taraf signifikan 0,05
Copyrights © 2022