Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran, dan alat evaluasi yang dibuat oleh guru SMP sudah mencerminkan atau belum mencerminkan pola pengelolaan deduktif dan induktif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa dan sastra Indonesia SMP di Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto sebagai fokus utama dan siswa sebagai pendukung dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitiannya adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan observasi, kemudian menganalisis dokumen RPP dan alat evaluasi, serta menganalisis hasil observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru bahasa dan sastra Indonesia SMP di Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto sudah mencerminkan strategi pembelajaran dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif, namun masih sangat terbatas pada RPP ke-2 (pola pengelolaan deduktif dan induktif), RPP ke-13 (hanya pola pengelolaan deduktif), dan RPP ke-16 (hanya pola pengelolaan deduktif); (2) strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru bahasa dan sastra Indonesia SMP di Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto sudah tercermin penggunaan pola pengelolaan deduktif dan induktif, yakni pola pengelolaan deduktif 3 kali muncul dan pola pengelolaan induktif 2 kali muncul dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas; dan (3) alat evaluasi yang telah dibuat oleh guru bahasa dan sastra Indonesia SMP di Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto sudah mencerminkan strategi pembelajaran dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif, yaitu deduktif hanya 1 kali muncul dan pola pengelolaan induktif muncul sebanyak 3 kali dalam soal ulangan harian yang telah dibuat oleh guru tersebut.
Copyrights © 2022