Penguasaan kosakata berpengaruh terhadap tingkat keterampilan berbicara terutama di sekolah menengah pertama. tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dengan terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas VII SMP di Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto yang dirancang untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibat, peneliti dalam hal ini akan menelusuri hubungan sebab akibat (kausal) dan menguji yang telah dirumuskan sebelumnya antara: penguasaan kosakata, kalimat efektif terhadap keterampilan berbicara siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka tahap – tahap yang dilakukan sebagai berikut. (1) Analisis karakteristik siswa meliputi sikap, bakat dan motivasi belajar bahasa indonesia, (2) Menyusun instrumen kosakata dan kalimat efektif (3) Evaluasi meliputih evaluasi pakar terkait instrumen yang telah disusun, (4) Revisi instrumen, (5) Implementasi instrumen (6) Anlisis data untuk memperoleh deskripsi tentang pengaruh perbendaharaan kosakata dan kalimat efektif terhadap keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan kosakata dan kalimat efektif terhadap keterampilan berbicara pada siswa. Siswa yang memiliki perbendaharaan kosaka yang baik dan pemahaman kalimat efektif terbukti trampil dalam berbicara. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP sehingga strategi pembelajaran harus kembangkan terutama untuk kajian selanjutnya.
Copyrights © 2024