Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan menulis dan menganalisis semantik-semiotik yang terkandung pada poster HIV/AIDS di lingkungan SMAN 11 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode campuran kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan melalui tindakan kelas dalam empat siklus, yaitu prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis poster melalui evaluasi pada setiap siklus. Pada prasiklus, nilai rata-rata kumulatif mencapai 56 dengan kategori kurang. Setelah tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kumulatif meningkat menjadi 67,37 dengan kategori cukup, yang menunjukkan peningkatan sebesar 11,43% dari prasiklus ke siklus I. Pada siklus II, nilai rata-rata kumulatif meningkat lagi menjadi 74,62 dengan kategori cukup, mencatatkan peningkatan sebesar 7,25% dibandingkan siklus I. Terakhir, pada siklus III, nilai rata-rata kumulatif mencapai 79,12 dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 4,5% dari siklus II. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis dan pemahaman semantik-semiotik peserta didik melalui tindakan yang dilakukan dalam setiap siklus. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran menulis berbasis media poster untuk meningkatkan kesadaran tentang HIV/AIDS di kalangan remaja
Copyrights © 2024