Journal Entrepreneurship Digital
Vol. 1 No. 1 (2023): JED (Journal Entreupreneur Digital)

Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Morowali Utara

Novita Kumala Sari (Universitas Fajar Makassar)
Hasniaty Hasniaty (Universitas Fajar Makassar)
Andi Andika Ramda (Universitas Fajar Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Morowali Utara.Populasi yang digunakan yaitu masyarakat Kabupaten Morowali Utara.Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu porposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden.Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Alat analisis dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, resgresi linear sederhana, uji parsial (t), dan uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan soffware SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat, hal ini dibuktikan dari tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 15,349 > nilai t tabel 1,984.Semakin baik kuaIitas peIayanan yang ditinjau dari kemampuan perusahaan atau organisasi, keandaIan, ketanggapan, jaminan, kepastian dan perhatian maka kepuasan masyarakat dapat meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jed

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal Entrepreneurship Digital ini merupakan jurnal berkala yang ditujukan untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian di bidang Kewirausahaan dan Bisnis Digital, yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) bekerjasama dengan Program Studi Kewirausahaan ...